Siti Rahmani Rauf Sang "Ibu Budi" Meninggal Dunia

Ana AmaliaAna Amalia - Rabu, 11 Mei 2016
 Siti Rahmani Rauf Sang
: Siti Rahmani Rauf, pencetus kalimat "ini budi, ini ibu budi". (MerahPutih/Alfi Rahmadhani)

MerahPutih Nasional - Berita duka datang dari dunia pendidikan tanah air, Siti Rahmani Rauf, wanita yang memperkenalkan metode baca "Ini Budi" meninggal dunia di usia 97 tahun pada Selasa (10/5) kemarin.

"Kabar duka. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Selasa malam kemarin (10/5) telah berpulang ke rahmatullah Siti Rahmani Rauf dalam usia 97 tahun. Almarhum adalah penemu alat peraga metode baca "Ini Budi". Buat anak-anak di tahun 80-an hingga 90-an, inilah cara paling mudah belajar membaca bahasa Indonesia. Kita berhutang pada perempuan ini. Semoga khusnul khatimah "Ibu Budi".

Siti Rahmani Rauf menciptakan metode belajar membaca yang disebutnya sebagai Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Siti Rahmani Rauf lahir di Padang pada 5 Juni 1919, ia juga merupakan seorang guru dan aktif mengajar sejak 1937menciptakan metode belajar membaca yang disebutnya sebagai Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Konsep "Ini Budi" Siti dedikasikan bagi dunia pendidikan tanah air, dikabarkan Siti tidak meminta royalti atau bayaran apa pun dari pemerintah kala itu.

Kini sang "Ibu Budi" telah tiada, tapi jasa-jasanya untuk membantu anak-anak Indonesia pandai membaca akan selalu jadi amalan baik bagi dirinya di dunia dan akhirat, Aamiin.

BACA JUGA:

  1. Indeks Integritas Ujian Nasional 2016 Meningkat, Tingkat Kelulusan Menurun
  2. Hardiknas, Ini Wejangan dari Anies Baswedan
  3. Anies Baswedan: Program Sertifikasi Guru Tetap Ditanggung Pemerintah
  4. Sambangi Ujian Paket C, Anies Baswedan : Saya Bangga
  5. Beredar Meme Kocak Seputar Ujian Nasional 2016
#Siti Rahmani Rauf #Sistem Pendidikan #Meninggal Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan