Perkenalkan Menu Khas Tradisional Gianyar Lewat Ajang Festival Kuliner

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Minggu, 02 April 2017
Perkenalkan Menu Khas Tradisional Gianyar Lewat Ajang Festival Kuliner
Festival Kuliner Gianyar (Dok.Pemkab Gianyar)

Festival Kuliner Gianyar di Taman Kota digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (2/4). Kegiatan ini dalam rangka peringatan HUT Kota Gianyar yang ke-246. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan hiburan lawak dari Celekontong Mas serta demo memasak oleh Chef Gama dan Joko dari Indonesian Chef Association (ICA) serta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Anak Agung Ari Brahmanta mengatakan, Festival Kuliner Gianyar 2017 mempunyai visi "Mewujudkan Kuliner Gianyar yang Sehat, Berkualitas dan Dapat Berdaya Saing Internasional".

Dalam gelaran tersebut terdapat tiga menu yang dilombakan yakni Peper Ikan Air Tawar dan Jukut Ares diikuti tujuh peserta perwakilan dari PKK Kecamatan se Kabupaten Gianyar serta lomba mengukir buah dengan tema "Kokokan".

Menurut Ari Brahmanta, kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan makanan dan menu tradisional Gianyar. Karena, kata Ari Brahmanta, peran kuliner lokal sangat menunjang dalam industri pariwisata Gianyar.

Selain itu, meningkatkan pembangunan dan perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Gianyar dengan memberikan peluang seluas-luasnya kepada masyararakat untuk ikut terlibat di dalamnya. Keterlibatan masyarakat dalam pengembangan kuliner khas Gianyar melalui kualitas, penataan, pelayanan dan penyajian kuliner yang baik dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

"Dengan upaya itu diharapkan Kota Gianyar menjadi salah satu daerah tujuan wisata dengan kuliner khas Gianyar sebagai daya tariknya," ujar Ari Brahmanta.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas sajian kuliner khas tradisional Gianyar yang disajikan di pasar tradisional. Memotivasi para penyaji kuliner khas tradisional Gianyar untuk meningkatkan pelayanan sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk aktif mengembangkan kuliner khas tradisional Gianyar yang sehat dan berkualitas.

Untuk mengikuti artikeln lainnya, baca juga: Film 'The Mirror Never Lies' Bikin Penasaran Banyak Mahasiswa di Beijing

#Festival Kuliner Nusantara #Kuliner Bali #Kuliner Tradisional
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan