Perempuan Lebih Berempati Daripada Pria?

Adinda NurrizkiAdinda Nurrizki - Minggu, 28 Desember 2014
Perempuan Lebih Berempati Daripada Pria?

MerahPutih Pendidikan- Beberapa dari anda pasti mengetahui pernyataan: “Perempuan lebih berempati dari lak-laki”. Atau mungkin para pria merasa pernyataan ini salah besar? Namun, penelitian di Queensland telah membuktikannya.

Setelah mengumpulkan data dari ribuan responden di Australia, para peneliti di Queensland menemukan bahwa wanita jauh lebih merasakan apa yang orang lain rasakan dibandingkan dnegan para pria.

Ketika peristiwa buruk terjadi pada pasangannya, wanita cenderung mengalami efek emosional sekitar 24 persen lebih besar dari pria seolah-olah kejadian tersebut mereka yang mengalaminya.

Seperti yang dikutip dari News.com.au, ternyata pria mengalami rasa empati hanya sebesar 7 persen.

“Kami mengambil data tersebut dari orang yang sudah pernah mengalami kejadian buruk di hidupnya. Seperti kematian seorang teman, sakit keras, ataupun kehilangan pekerjaan.” kata Profesor Paul Frijters dari Universitas Queensland.

“Pria dan wanita hampir sama terpengaruh dengan hal-hal seperti ini. Namun bukan berarti pria adalah manusia yang dingin, tidak memilki perasaan, dan sebagainya. Hanya saja kami menemukan bahwa angka empati mereka terhadap pasangan lebih sedikit dibanding wanita.'

Frijters sendiri mengatakan bahwa ia belum mengetahui mengapa hal ini bisa terjadi. “Mungkin pria lebih terpengaruh dengan citra dan peran mereka sendiri sebagai mitra.”

#Gaya Hidup
Bagikan
Ditulis Oleh

Adinda Nurrizki

Bagikan