Menteri Israel-PM Palestina Adakan Pertemuan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 02 Juni 2017
Menteri Israel-PM Palestina Adakan Pertemuan
Aksi bertema "Dua Negara, Satu Harapan, demonstrasi menentang pendudukan selama 50 tahun" di Tel Aviv, Israel, Sabtu (27/5). (ANTARA FOTO/REUTERS/Amir Cohen)

Menteri Keuangan Israel bertemu dengan Perdana Menteri Palestina. Demikian dilaporkan pejabat Israel pada Kamis (1/6). Kunjungan langka anggota kabinet negara Yahudi ke daerah jajahan Tepi Barat itu sebagai bagian dari upaya perdamaian oleh Amerika Serikat.

Kabinet keamanan Israel sebelum kujungan Presiden AS Donald Trump ke Yerusalem dan Tepi Barat pada 22-23 Mei menyetujui serangkaian langkah untuk membangun kepercayaan dalam hubungan dengan Palestina.

Menteri Keuangan Israel Moshe Kahlon, yang mengepalai partai kanan tengah dalam koalisi pemerintahan Benjamin Netanyahu, berkunjung ke Ramallah pada Rabu (31/5) malam untuk menyerahkan usulan kepada Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah.

Langkah tersebut termasuk membuka penyeberangan perbatasan Jembatan Allenby antara Tepi Barat dengan Jordania 24 jam sehari, peningkatan jumlah izin mendirikan bangunan untuk warga Palestina, yang tinggal di Daerah C Tepi Barat, serta pengembangan lebih lanjut daerah industri di dekat kota Jenin dan Hebron, Tepi Barat.

Dalam kesepakatan sementara perdamaian Israel dengan Palestina, Daerah C--yang terdiri atas 60 persen dari Tepi Barat, yang diduduki--adalah wilayah dengan Israel menjalankan sepenuhnya keamanan dan kendali warga.

Youssef al-Mahmoud, Juru Bicara Pemerintah Palestina menyatakan, Hamdallah mengatakan kepada Kahlon bahwa tindakan ekonomi tidak dapat berlaku sebagai pengganti penyelesaian politik untuk sengketa Israel-Palestina. Demikian seperti dilansir WAFA, kantor berita resmi Palestina.

Sumber: ANTARA

#Israel #Palestina
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan