Ketika Artis Bicara Pancasila Lewat Instagram

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 01 Juni 2017
Ketika Artis Bicara Pancasila Lewat Instagram
Lambang negara (Foto: kemendagri.go.id)

Sahabat MerahPutih ada yang sempat bertanya-tanya mengapa hari ini tanggal merah? Tahun lalu, Presiden Jokowi menetapkan hari lahir Pancasila sebagai hari libur nasional, yang diberlakukan mulai 1 Juni 2017. Jadi, ini adalah pertama kalinya kita libur untuk memperingati Pancasila.

Pancasila tidak terlahir begitu saja. Ada sejarah yang menceritakan proses lahirnya Dasar Negara Indonesia, yang juga pemersatu Sabang hingga Merauke.

Jelang kekalahan tentara Jepang pada perang Pasifik, tentara Indonesia menarik dukungan rakyat terhadap kemerdekaan dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Badan tersebut memiliki agenda rapat dengan tema dasar negara yang dimulai pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Rapat tersebut diadakan di gedung Jalan Pejambon 6, Jakarta, yang kini dikenal dengan nama Gedung Pancasila.

Setelah beberapa hari tidak mendapat titik terang, pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara Indonesia merdeka, yang ia namakan Pancasila. Secara aklamasi, pidato yang disampaikan Bung Karno tanpa persiapan itu diterima oleh BPUPKI.

Selanjutnya, dibentuklah Panitia Sembilan, yang terdiri dari Ir. Soekarno, Moh. Hatta, AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasyim, dan Moh. Yamin. Mereka ditugaskan untuk merumuskan kembali Pancasila sebagai Dasar Negara berdasarkan pidato yang diucapkan Bung Karno pada 1 Juni 1945 tersebut. Dokumen tersebut dijadikan teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Momen di mana Soekarno menyampaikan pidatonya mengenai Pancasila itulah yang kemudian dijadikan peringatan hari lahirnya Pancasila, yaitu setiap 1 Juni.

Hari ini, Instagram ramai dengan post yang merespons peringatan kelahiran Pancasila. Banyak dari selebriti Tanah Air juga memberikan "suara"-nya, dengan menyematkan tagar #SayaIndonesia #SayaPancasila. Berikut beberapa post pilihan Merahputih.com.

Aline Adita

"Saya cinta keberagaman negeri ini, dari Sabang sampai Merauke. Beragam agama dan kepercayaannya, beragam sukunya, beragam adat-istiadatnya. Saya menjunjung tinggi toleransi dan perdamaian."

aline adita pancasila
Instagram/aline_adita

Judika

"PANCASILA. 5 sila yang tercipta berkat pengorbanan para pendahulu kita, tanpa memandang suku, bahasa, agama, adat-istiadat, dan perbedaan lainnya untuk sebuah kemerdekaan. Mari menjaga kemerdekaan RI dengan semangat PANCASILA. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh."

judika pancasila
Instagram/jud1ka

Ario Bayu

"11 tahun saya dibesarkan di Selandia Baru, di mana semua sahabat saya memiliki keyakinan dan keturunan yang berbeda-beda. Sampai hari ini kami tidak pernah memandang satu sama lain dari perbedaan itu, akan tetapi menilai dari siapa kita dan apa yang telah kita perbuat sebagai manusia."

ario bayu pancasila
Instagram/bayu_ario

Andien

"Salah satu yang membuat saya senang sekali pergi berkeliling Indonesia adalah karena pertemuan saya dengan saudara-saudara setanah air. Kami bisa berbagi cerita, bahagia, dan pengalaman. Walau dengan dialek, kebudayaan, dan agama yang berbeda, tapi kami tahu kami berada di Tanah Air yang sama. Kami menghirup udara yang sama, menginjakkan kaki di tanah yang sama: Indonesia. Dan kami, dipersatukan oleh sebuah dasar, bernama PANCASILA."

andien pancasila
Instagram/andienaisyah

Nah, Anda masih ingat atau tidak isi Pancasila? Pastikan Anda, terutama juga anak-anak Anda, hafal dan sungguh-sungguh mengerti makna setiap butir Pancasila, ya Sahabat MerahPutih! Untuk membantu Anda, simak post dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya berikut.

tmcpolda pancasila
Instagram/tmcpoldametro

Mari kita maknai hari ini dengan hal-hal positif sebagai cerminan bahwa Pancasila ada di hati kita.

Baca juga artikel Kicauan Netizen Di Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

#Pancasila #Hari Pancasila #Artis #Artis Indonesia #Judika Sihotang #Penyanyi Judika #Aline Andita #Andien #Instagram #Seleb Instagram
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan