Kapal Pembangkit Listrik Ambon Beroperasi Akhir Maret

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 25 Maret 2017
Kapal Pembangkit Listrik Ambon Beroperasi Akhir Maret
Kapal pembangkin listrik di Ambon. (ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan)

PT PLN (Persero) menjanjikan kapal pembangkit listrik di Ambon, Maluku, akan mulai beroperasi pada akhir Maret 2017.

Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Haryanto WS mengatakan, kapal pembangkit atau marine vessel power plant (MVPP) telah tiba di Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah sejak Rabu (15/3). MVPP itu disewa PLN dari Turki.

Saat ini, lanjutnya, MVPP tengah melewati serangkaian tahap pengujian sebelum dapat beroperasi secara komersial atau COD pada akhir Maret 2017.

"Kapal pembangkit ini menjadi solusi cepat bagi kebutuhan listrik di Pulau Ambon," katanya dalam rilis di Jakarta, Jumat (24/3) kemarin.

Menurutnya, beberapa tahapan pengujian itu meliputi pemberian tegangan, sinkronisasi, dan tes beban.

Sehubungan dengan hal tersebut, katanya, PLN akan meminimalisasi kemungkinan pemadaman di beberapa titik karena dibutuhkan penyesuaian pengoperasian MVPP, jaringan transmisi, dan gardu induk.

MVPP itu nantinya akan menyalurkan daya melalui jaringan transmisi 70 kV ke Gardu Induk (GI) Passo dan GI Sirimau yang sudah selesai dibangun pada 2016 sebelum akhirnya disalurkan ke rumah-rumah pelanggan.

Sumber: ANTARA

Baca juga berita terkait pembangkit listrik di Indonesia dalam arikel: Pengerjaan 34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak Bisa Dilanjutkan. Ini Syaratnya...

#PLN #Ambon
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan