Kampung Pelangi Semarang Sudah Diberitakan Delapan Media Asing

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 16 Mei 2017
Kampung Pelangi Semarang Sudah Diberitakan Delapan Media Asing
BoredPanda

Kumuh, dekil dan jorok, tiga sebutan itu sudah tidak lagi pantas diberikan untuk Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebuah pemukiman yang kini disebut Kampung Pelangi ini bahkan menjadi sorotan dunia karena keindahannya.

Dulu Kampung Pelangi hanyalah sebuah kampung yang sangat kumuh dipinggir kali. Hingga akhirnya seorang kepala sekolah, Slamet Widodo berinisiatif mengubah kampung tersebut menjadi lebih berwarna.

Disebut Kampung Pelangi lantaran bangunan di kampung tersebut berwarna-warni. Sebanyak 232 rumah dicat dan diwarnai dengan seni mural. Bahkan Walikota Semarang, Hendrar Priyadi ikut turun mengecat rumah-rumah warga.

Apa yang dilakan oleh Slamet Widodo berbuah manis. Kini kampung tersebut telah menjadi objek wisata yang sangat hits. Saking hitsnya, kampung ini telah diliput oleh delapan media luar negeri seperti Buzzfeed, Vogue, Good.is, Lonely Planet, Coconuts, BoredPanda dan Nextshark.

"Kampung Pelangi Indonesia, tempat para unicorn Asia lahir," tulis judul pada media Nextshark.

Tagar #kampungpelangi mulai membanjiri media sosial seperti instagram dan twitter. Berbagai foto dan video diunggah oleh para kawula muda yang berfoto disana.

screenshot BoredPanda
screenshot BoredPanda

Dana yang digelontorkan untuk menyulap kampung ini pun terbilang memakan anggaran yang tak besar. Pemerintah daerah hanya mengggelontorkan dana sebesar 300 juga dan bantuan dari Asosiasi Pembangunan Indonesia. Pengecatan ini selesai pada bulan lalu.

Sebenarnya kampung dengan warna-warni seperti ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya ada Kampung Judipan di Malang dan Kampung Code di Yogyakarta.

Bangunan yang dibangun di bantaran kali memang sangat identik dengan kesan kumuh dan jorok. Dengan transformasi menakjubkan tersebut, bukan hanya pengunjung yang puas melihat keindahan itu, namun juga warganya yang bisa mengumpulkan pundi-pundi uang.

Semoga Kampung Pelangi bisa menjadi percontohan dan diikuti oleh daerah-daerah lain di Indonesia. SElain artikel ini Anda juga bisa baca Cantiknya Kampung Pelangi Di Semarang

#Kampung Unik #Unik #Kafe Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan