Juni, Bandung Gelar 'Bulan Bung Karno'

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 19 Mei 2016
Juni, Bandung Gelar 'Bulan Bung Karno'
Ir Soekarno, Presiden pertama RI dan Sang Proklamator (Ist)

MerahPutih Nasional - Bulan Juni merupakan bulan kelahiran Proklamator Republik Indonesia, yaitu Soekarno atau lebih akrab dengan sebutan Bung Karno. Tidak hanya itu, pada bulan ini juga menjadi bulan kelahiran Pancasila, dasar negara Republik Indonesia yang digagas Bung Karno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945 silam.

Berbicara mengenai Bung Karno, Bandung menyimpan banyak peninggalan bernilai sejarah terkait Putra Sang Fajar. Contohnya antara lain bangunan kuliah tempat Bung Karno menuntut ilmu sampai cerita mengenai terinspirasinya Bung Karno oleh salah seorang petani yang bernama Marhaen yang kemudian menjadi nama ajaran Bung Karno.

Pada tahun ini Bandung secara resmi ditunjuk oleh MPR RI menjadi tuan rumah acara “Bulan Bung Karno”. Acara akan berlangsung selama tiga hari. Acara ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi yang akan berlangsung di Gedung Merdeka, Bandung.

Rangkaian acara dimulai pada tanggal 30 Juni dengan kegiatan Bedah Buku Bung Karno dan pagelaran wayang bertema Pancasila. Pada tanggal 31 Juni diagendakan acara Parade  Bung Karno meliputi Jalan Asia-Afrika dan Jalan Ir. Soekarno. Kemudian tanggal 1 Juni sebagai puncak acaranya akan diisi dengan beberapa kegiatan, antara lain menonton pidato Bung Karno di Gedung Merdeka dan tabur bunga di Tugu Penjara Banceuy.

“Tanggal 1 Juni merupakan puncak acara yang akan dipusatkan di Jalan Ir.Soekarno. acara akan diisi oleh kegiatan Marching Band, Teatrikal dan Pembacaan teks pancasila oleh Walikota Bandung.”ujar Kasi Peliputan dan Dokumentasi Pemkot Bandung, Meiwan Kartiwa. (Zal)

BACA JUGA:

  1. Telisik Jejak Bung Karno di Taman Renungan Pancasila Ende
  2. Kisah Engkong Usuf Menolak Pemberian Mobil dari Bung Karno
  3. Yogyakarta Miliki 37 Situs Sejarah Napak Tilas Bung Karno
  4. Anggrek Kimilsungia, Bunga Nasional Korea Utara Pemberian Bung Karno
  5. Universitas Kokushikan Jepang Bentuk Pusat Kajian Sukarno

 

 

#Bung Karno #Soekarno #Presiden Soekarno #Presiden Sukarno #Sukarno
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan