Jokowi Ucapkan Terimakasih Raja Salman Kembalikan Kuota Haji Indonesia

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 02 Maret 2017
Jokowi Ucapkan Terimakasih Raja Salman Kembalikan Kuota Haji Indonesia
Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud (kiri). (JAY/Humas)

Kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud dari Arab Saudi berdampak positif bagi kuota haji jemaah asal Indonesia. Pemerintah Arab Saudi mengembalikan kuota haji Indonesia dari 168 ribu menjadi 211 ribu jemaah mulai tahun ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas nama umat Islam Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Raja Salman atas dikembalikannya kuota haji Indonesia.

“Artinya, ada tambahan 43 ribu, ditambah lagi, tambah kuota sebanyak 10 ribu jamaah haji untuk tahun 2017. Total penambahan berarti 53 ribu,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada pertemuan antara Raja Salman dengan tokoh Islam Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/3) sore seperti dilansir laman Setkab.go.id.

Presiden Jokowi berharap, pelaksanaan pengembaliRaja an dan penambahan kuota haji Indonesia itu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi mengatakan pemerintah Arab Saudi mengembalikan kuota haji Indonesia.

"Ada pemberian kuota tambahan untuk tahun 2017 sebesar 10.000 kursi," katanya seperti dilansir Antara News.

Retno mengatakan Indonesia dan Arab Saudi adalah dua negara besar dengan mayoritas penduduk beragama Islam.

Menurut Menlu, masing-masing negara memiliki pengaruh penting di kawasan dan merupakan anggota G-20 dan OKI.

"Dalam dua tahun terakhir, kedua negara mengembangkan hubungan yang sangat intensif untuk meningkatkan dan meluaskan kerja sama. Kunjungan pejabat tinggi kedua negara meningkat pesat sejak kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi pada tahun 2015," kata Retno.

#Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud #Arab Saudi #Kuota Haji #Presiden Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan