Ini Akibat Tidur Siang Terlalu Lama

KaptenKapten - Minggu, 14 Mei 2017
Ini Akibat Tidur Siang Terlalu Lama
Tidur siang (foto: pexels)

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas tidur siang. Selain sebagai pengganti tidur malam, tidur siang juga dapat meningkatkan kinerja otak, konsentrasi serta dapat membuat berfikir lebih kreatif.

Namun hal tersebut jika Anda tidur siang dengan waktu yang cukup. Sebaliknya, saat Anda tidur terlalu lama, hal itu akan berakibat buruk pada kesehatan salah satunya meningkatkan kadar gula dalam darah yang berakibat pada diabetes melitus.

Nah, kali ini merahputih.com akan memberikan dampak negatif yang Anda dapat saat tidur siang terlalu lama. Apa saja itu? berikut penjelasannya.

Menghambat produksi insulin, meningkatkan resiko diabetes

Tidur siang lebih dari 30-60 menit ternyata bisa memicu gangguan hormonal pada tubuh. Hal ini mengakibatkan terhambatnya produksi insulin, yakni hormon yang mencerna gula dalam darah. Saat produksi insulin tidak terpenuhi, gula darah seseorang secara otomatis bisa meningkat.

Jam biologis terganggu

Tentunya Anda pasti tahu jika orang yang terlalu banyak tidur siang akan sulit untuk tidur pada malam hari. Padalah, tidur malam sangat penting untuk menjadi tubuh tetap optimal. Terlalu lama tidur siang juga berpotensi tidur tidak teratur.

Tubuh semakin ngantuk dan lemas setelah bangun tidur

Ketika terlalu lama tidur siang, tubuh akan terasa lemas dan rasa kantuk pun melekat. Kejadian ini mengakibatkan fokus dan konsentrasi terganggu, menggoda untuk tetap melanjutkan tidur.

Sahabat Merahputih, itulah tiga dampak negatif yang Anda terima saat tidur siang terlalu lama. Jika Anda ingin tetap tidur siang baiknya dilakukan antara jam 11 hingga 2 siang dengan waktu tidur 30 menit.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca 5 Bahaya Kesehatan Akibat Sering Begadang.

#Kualitas Tidur #Tips & Trik #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Kapten

Kapten Merah Putih
Bagikan