Hasil Listrik PLTSa Kota Tangerang Bakal Dibeli PLN

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Rabu, 07 Desember 2016
Hasil Listrik PLTSa Kota Tangerang Bakal Dibeli PLN
Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 30kV-150kV (Foto: pln.co.id)

MerahPutih Megapolitan — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membeli hasil listrik dari pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang dimiliki oleh Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, mengungkapkan, pemerintah pusat melalui Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), telah menunjuk tujuh daerah, salah satunya adalah Kota Tangerang yang dipercaya untuk mewujudkan proyek tersebut. Kota lainnya yang ditunjuk adalah DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surakarta, Surabaya dan Makassar.

"Kita sudah melakukan MoU dan ini tentu akan semakin memacu kami untuk bergerak lebih cepat lagi dalam upaya perwujudan proyek PLTSa," ujar Arief Rachadiono Wismansyah kepada merahputih.com, Selasa (6/12).

Ia juga mengakui, sampah kerap menjadi problem yang dihadapi di berbagai daerah. namun, dengan adanya pemanfaatan sampah menjadi energi listrik, kata Arief, akan turut membantu untuk mengurangi permasalahan sampah sekaligus menjadi bukti kepedulian pemerintah serta PLN terhadap lingkungan.

Sebagai salah satu pilot project PLTSa yang ditunjuk oleh pemerintah pusat, kata Arief, pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya maksimal, seperti upaya pembentukan tim percepatan, Pre-Feasibility Studies (PFS) atau studi kelayakan dan Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL), serta melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Keuangan, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, terkait masalah teknis pembangunan, penentuan lokasi dan biaya pembangunannya. Maupun dengan International Finance Corporation (IFC) sebagai pihak ketiga yang ditunjuk pemerintah pusat dalam proyek PLTSa. (Widi)

BACA JUGA:

  1. Menyulap Sampah Kertas Menjadi Karya Seni Bernilai Tinggi
  2. Usai Aksi 212, Demonstran Kompak Punguti Sampah
  3. Leonardo DiCaprio Investasi di Uber Sampah
  4. Sepatu Dari Sampah Botol Plastik. Kereeennn!
  5. Bandung Makerthon Ajang Inovasi Aplikasi Dunia Bebas Sampah
#Arief Rachadiono Wismansyah #Wali Kota Tangerang #Kota Tangerang #Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) #PLN
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan