5 Tahap Kehidupan Mochtar Riady

Ana AmaliaAna Amalia - Rabu, 27 Januari 2016
5 Tahap Kehidupan Mochtar Riady
Mochtar Riady (86) meluncurkan buku biografinya tentang perjalanan hidup dan perjalanan karirnya mulai dari bawah hingga kini karirnya memuncak sebagai pemilik Lippo Group Merahputih.com / Rizki Fitri

MerahPutih Peristiwa - Perjalanan hidup Mochtar Riady selama 87 tahun ternyata tak semulus yang dibayangkan orang. Mochtar pun pernah mendapat tantangan hidup yang cukup berat mulai dari meninggalnya ibunda tercinta hingga dikejar hutang karena kalah berjudi.

Saat peluncuran otobiografinya yang berjudul "Manusia Ide", pria kelahiran Malang, 12 Mei 1929 ini mengaku dalam hidupnya terdapat lima tahap yang masing-masing tahap berjarak 20 tahun.

"Saya dilahirkan sampai sekarang 87 tahun dan di sini kebetulan terjadinya moment bisa dibagi dalam lima periode. Setiap periode 20 tahun," ucap Mochtar kepada awak media di Jakarta Pusat, Selasa (26/1).

Dalam 20 tahun pertama hidupnya, Mochtar Riady mengaku sangat sengsara. Pada tahap tersebut ia ditinggal oleh ibunya, sang ayah ditangkap oleh tentara Jepang hingga dirinya harus kabur dari rumah karena dikejar-kejar utang.

"20 tahun pertama saya sangat sengsara. Pada umur sembilan rahun ibu saya meninggal. Umur 11 tahun tentara Jepang masuk dan menangkap papah saya," kata Mochtar.

Pada masa 20 tahun yang kedua, Mochtar mulai merintis karier dan rumah tangga. Kehidupannya pun mulai membaik. Hingga di masa 20 tahun yang ketiga, Mochtar mulai membantu membesarkan beberapa bank swasta di Indonesia termasuk Bank BCA.

Di masa 20 tahun berikutnya, Mochtar mulai mengembangkan Bank Lippo dan membentuk Lippo Grup.

"Ini 20 tahun yang keempat, saya membangun Bank Lippo dengan bermodalkan ide, dan memasuki 20 tahun selanjutnya, saya mewariskan pengalaman kepada anak-cucu, dan penerus bangsa," terang Mochtar. (Yni)

BACA JUGA:

  1. Tampil di Pernikahan Anak Bos Lippo Group, Jazon Mraz Dibayar Hingga Rp14 M?
  2. Lippo Group Minati DIRE Asal BI Rate Turun
  3. AC Milan Resmi Pecat Filippo Inzaghi
  4. Cristian Zapata Benarkan Filippo Inzaghi Bermasalah dengan Pemain
  5. Filippo Inzaghi Berharap Dipertahankan AC Milan
#Kisah Inspiratif #CEO Lippo Group Mochtar Riady
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan