Tontowi/Liliyana Lunasi “Utang” di Olimpiade

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 18 Agustus 2016
Tontowi/Liliyana Lunasi “Utang” di Olimpiade
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto Yves Lacroix/Badminton Photo)

MerahPutih Raket - Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya berhasil melunasi utangnya di Olimpiade dengan merebut medali emas di Rio de Janeiro, Brasil. Tahun 2012 di London, menjadi keikutsertaan Tontowi/Liliyana pertama kalinya di pesta akbar olahraga dunia. 

Sayang saat itu, mereka tak berhasil membawa pulang medali dari Olimpiade London 2012. Tontowi/Liliyana terhenti di semifinal dan kalah pada perebutan medali perunggu dari Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, Denmark.

Kekalahan tersebut memupuskan harapan Indonesia untuk meneruskan tradisi emas bulutangkis di Olimpiade. Sejak tahun 1992 hingga 2008, atlet bulutangkis selalu rutin “menyetor” medali emas. Namun tradisi tersebut putus di tahun 2012.

Sebelumnya bulutangkis sudah menyumbang enam medali emas untuk Indonesia. Dimulai dari Susy Susanti dan Alan Budikusuma di Olimpiade Barcelona 1992, Ricky Soebagdja/Rexy Mainaky di Olimpiade Atlanta 1996, Tony Gunawan/Candra Wijaya di Olimpiade Sydney 2000, Taufik Hidayat di Olimpiade Athena 2004, dan terakhir Markis Kido/Hendra Setiawan di Olimpiade Beijing 2008.

“Saya lega, bangga, senang. Karena Indonesia biasanya tradisi emas, tapi kemarin di Olimpiade London 2012 kami berhutang bawa medali. Sekarang langsung kami bayar hutangnya. Senang sekali,” kata Liliyana seperti dikutip badmintonindonesia.org, Kamis (18/8).

“Saya nggak bisa berkata-kata. Luar biasa rasanya. Ini saya persembahkan untuk hari kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Tontowi.  

Tontowi/Liliyana merebut medali emas setelah berhadapan dengan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, 21-14 dan 21-12. Kemenangan Tontowi/Liliyana tak hanya menjadi kado ulang tahun Republik Indonesia yang ke-71 tapi sekaligus mempertahankan tradisi emas bulutangkis di Olimpiade.

BACA JUGA:

  1. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Menang #EmasUntukIndonesia Jadi Trending Topic
  2. Detik-Detik Membanggakan Indonesia Raya Berkumandang di Olimpiade Rio 2016
  3. Ganda Campuran Indonesia Ukir Sejarah di Olimpiade
  4. Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Owi/Butet
  5. Owi/Butet Persembahkan Emas Pertama Bagi Indonesia di Olimpiade Rio 2016
#Badminton #Bulutangkis Tunggal Putera Dan Puteri #Rio De Janeiro #Olimpiade Brasil 2016 #Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan