Presiden Targetkan Restorasi 400 Ribu Hektare Lahan Gambut di Tahun 2017

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 26 April 2017
Presiden Targetkan Restorasi 400 Ribu Hektare Lahan Gambut di Tahun 2017
Presiden Jokowi memimpin ratas tentang reforma agraria. (Foto Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk melindungi dan merestorasi lahan gambut. Dalam rapat terbatas, Presiden Joko Widodo mengevaluasi pengaturan lahan lambut setelah satu tahun Badan Restorasi Gambut (BRG) dibentuk.

"Evaluasi harus terus menerus kita lakukan karena Badan Restorasi Gambut diberikan target restorasi sampai 2020 seluas dua juta hektare di tujuh provinsi, yaitu di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua. Pada tahun 2017 ini, BRG diberikan target untuk melakukan restorasi pada 400 ribu hektare atau 20 persen dari total target restorasi," ujar Kepala Negara di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/4).

Presiden menjelaskan bahwa dalam menjalankan tugasnya, BRG tidak dapat berjalan sendirian. Diperlukan dukungan penuh dari banyak pihak agar restorasi lahan gambut dapat mencapai targetnya.

"Pada rapat terbatas 11 Januari yang lalu, saya menekankan bahwa untuk mencapai target restorasi di tahun 2017 BRG tidak bisa bekerja sendirian. Perlu dukungan penuh dari seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah," kata Presiden.

Untuk itu, selain kepada jajarannya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengajak masyarakat dan elemen lainnya untuk turut bersama pemerintah menjaga kelestarian ekosistem lahan gambut.

#Reforma Agraria #Presiden Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan