Polisi Baru Tangkap 70 Tahanan Kabur Rutan Pekanbaru

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 05 Mei 2017
Polisi Baru Tangkap 70 Tahanan Kabur Rutan Pekanbaru
Petugas menangkap salah satu tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Kelas IIB, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Jajaran Kepolisian Daerah Riau mengklaim berhasil mengamankan sekitar 70 tahanan dari 200 lebih yang kabur dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Kelas II B, Kota Pekanbaru pada Jumat (5/5) siang.

"Sudah diamankan sekitar 70 orang dari 200 lebih yang kabur," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau Kombes (Pol) Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru.

Ia mengatakan, kaburnya tahanan itu akibat akumulasi kekecewaan yang telah disampaikan dengan unjuk rasa. Akhirnya tahanan teriak-teriak keluar lalu dari kamar 2 B hingga mendobrak salah satu pintunya.

"Kekecewaan para tahanan terkait adanya pelayanan kurang optimal dari lapas. Itu terkait isi kamar yang jumlah orang ada dalam satu kamar. Kapasitasnya 361 orang namun sudah diisi 1.800 orang," ungkap Guntur.

Saat ini, pihak kepolisian sesuai perintah Kapolda Riau telah membentuk tim melakukan pemeriksaan di jalan yang dimungkinkan dilewati untuk diamankan ke rutan. Personel dikerahkan acara maksimal untuk mengejar tahanan yang masih kabur.

"Untuk di Rutan kita turunkan satu satuan setingkat kompi dari Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, 2 SSK Brimob Polda Riau, dan 1 SSK dari TNI," ulas Guntur.

Dalam upaya pelarian dikatakan memang ada napi yang merampas sepeda motor warga. Ada yang parkir diambil dan juga ada dirampas. Terkait adanya upaya penyanderaan oleh tahanan belum diketahui.

Polisi mengimbau warga waspada terkait kaburnya ratusan tahanan. Polisi meminta meminta untuk berkoordinasi dengan kepolisian terdekat apabila menemukan atau melihat orang yang mencurigakan.

Sumber: ANTARA

#Tahanan Kabur #Pekanbaru #Riau
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan