Kolesterol Tinggi? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Solusinya

Zahrina IdzniZahrina Idzni - Jumat, 27 Januari 2017
Kolesterol Tinggi? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Solusinya
Gandum (Instagram @gracevalenciakusumo)

Kolesterol mungkin menjadi salah satu masalah yang paling banyak dirasakan oleh orang-orang di dunia, terutama di Indonesia, karena sebagian dari masyarakat Indonesia suka mengonsumsi makanan yang berkadar kolesterol tinggi.

Makanan-makanan yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan berlemak berupa daging bisa menyebabkan menjadi tingginya kadar kolestrol dalam tubuh yang mengakibatkan berbagai penyakit masuk misalnya penyakit jantung atau lainnya.

Dengan mengatur pola makan sehat menjadi faktor utama untuk menghindari masalah seperti ini. namun, tidak semua kolesterol dapat berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk. Nah, berikut beberapa solusi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, jika MP Friends sedang mengalaminya:

5. Buah Alpukat

Buah Alpukat (Instagram @dewarucii)
Buah Alpukat (Instagram @dewarucii)

Buah yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat, nah salah satunya dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi yang ada dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian Pennsylvania State University, seorang peneliti mengungkapkan bahwa, jika orang dewasa memiliki kelebihan berat badan, cobalah mengonsumsi buah alpukat, karena dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 7mg/dL. Bahkan, jika sedang diet, buah ini bisa membantu mengurangi kolesterol LDL hingga 14mg/dL.

4. Teh Hijau

Teh Hijau (Instagram @sarangmakan)
Teh Hijau (Instagram @sarangmakan)

Minuman ini mungkin lebih dikenal sebagai green tea. Teh hijau yang pertama kali populer di negara Jepang ini ternyata menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kadar kolestrol Tinggi.

Dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika MP Friends meminum teh hijau 1 gelas sehari dapat menurunkan kolesterol LDL lebih dari 2-7mg/dL tanpa efek pada HDL sebagai pelindung.

3. Kacang-Kacangan

Kacang Polong (Instagram @ayuning365)
Kacang Polong (Instagram @ayuning365)

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, ataupun buncis dapat menjadi solusi pengurangan kolesterol. Salah satu Studi di Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa 3/4 meminum air kacang-kacangan sehari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sampai dengan 5%, walau tidak begitu banyak tapi signifikan.

2. Almond

Buah Almond (Instagram @kimminhye)
Buah Almond (Instagram @kimminhye)

Mungkin banyak yang mengira, almond merupakan jenis dari tanaman kacang-kacangan, namun ternyata almond adalah buah yang berbiji yang memiliki banyak kelebihan.

Seperti sebuah studi penelitian dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa pasien yang menderita kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi buah almond sekitar 8 buah sebelum sarapan karena dapat meningkatkan HDL (kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh) hingga 12%-14%.

1. Gandum

Gandum (Instagram @gracevalenciakusumo)
Gandum (Instagram @gracevalenciakusumo)

Gandum menjadi salah satu solusi paling terkenal untuk masalah menurunkan kadar kolesterol tinggi. Menurut satu penelitian di Thailand, jika MP Friends mengonsumsi gandum atau bubur beras dalam waktu empat minggu, maka akan mengalami penurunan kolesterol LDL dari 5% hingga 10%.

Itulah beberapa solusi untuk MP Friends jika sedang menderita kolesterol tinggi. Namun, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan yang teratur dan hindari makanan-makanan yang tidak sehat yang dapat memicu berbagai penyakit.

Eiya, jika MP Friends memiliki banyak sahabat dan sebagian dari mereka hobby makan, kemungkinan berat badan MP Friends dapat berpengaruh loh, penasaran? coba baca artikel ini: Ternyata, Memiliki Sahabat Mempengaruhi Berat Badan Loh

#Tips Kesehatan #Kesehatan #Makanan Sehat
Bagikan
Ditulis Oleh

Zahrina Idzni

Gaul, supel dan berkibarlah bendera negeri, Merah Putih Jaya
Bagikan