Kementan Wanti-wanti Penggunaan Pestisida Berlebihan pada Buah

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 06 Desember 2016
Kementan Wanti-wanti Penggunaan Pestisida Berlebihan pada Buah
Jumpa pers dan talkshow YLKI tentang "Menyoal Tingkat Keamanan pada Buah" di Bakoel Coffe, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (5/12). (Foto: MerahPutih/John Abimanyu)

MerahPutih Keuangan - Kepala Bidang Keamanan Hayati Nabati Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Islana Ervandiari mengatakan para petani boleh saja menggunakan pestisida untuk melindungi tanaman mereka dari serangan hama dan virus.

"Namun, penggunaan bahan kimia tersebut tidak boleh digunakan di atas ambang batas karena dapat membahayakan kesehatan konsumen. Sebaiknya menggunakan pestisida kadarnya harus sesuai yang ditetapkan pemerintah," kata Islana saat memberikan paparan di acara talkshow "Menyoal Tingkat Keamanan pada Buah" di Bakoel Kopi, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (5/12).

Islana menjelaskan, penggunaan pestisida secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit bagi konsumen. "Misal, banyak orang mengalami sakit ginjal dan liver akibat petani banyak menggunakan pestisida," tuturnya.

Mengenai penggunaan pestisida untuk buah/sayuran impor, kata Isyana, dilakukan pemeriksaan seberapa besar penggunaannya saat masuk di pelabuhan. Apabila sampel yang sudah diperiksa di laboraturium melebihi batas yang sudah ditetapkan, maka akan dikembalikan.

"Maka langkah yang dilakukan adalah penolakan. Ketika masuk di pelabuhan belum boleh diedarkan ke pasar dan masih di bawah pengawasan pihak karantina," tuturnya.

Petugas karantina pun mempunyai wewenang untuk mengambil tindakan. "Sanksi yang kita bagi Importir diberi punishment produk dan tidak boleh diedarkan. Dikasih waktu 14 hari, kalau tidak dikembalikan maka akan dimusnahkan. Hal ini sesuai dengan peraturan keamanan pangan yang sudah diberlakukan sejak tahun 2009," pungkasnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Hasil Pengujian YLKI Buah Adanya Kandungan Formalin
  2. YLKI Temukan 3 Indikator Buah Beredar Tidak Layak Konsumsi
  3. Buah Berenuk, Si Penyubur di Taman Buah Mekarsari
  4. Taman Buah Mekarsari, Pusat Pelestarian Buah-buahan Tropika Terbesar Dunia
  5. Ingin Makan Buah Gratis? Datanglah ke Acara Fruit Indonesia 2016 di Senayan
#Sayur Dan Buah #Kementerian Pertanian
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan