Tetap Bugar saat Lebaran

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 22 Juni 2017
Tetap Bugar saat Lebaran
Agar tetap bugar, istirahat yang cukup di malam sebelum Lebaran dengan tidur selama 7-8 jam. (Foto: pixabay)

Di hari Lebaran, Anda biasanya menyantap banyak makanan. Bagaimana tidak, di hari kemenangan ini berbagai hidangan istimewa yang hanya disajikan di hari raya tersedia di meja makan.

Terlebih lagi jika Anda berkunjung ke rumah kerabat. Demi alasan kesopanan, Anda pun terpaksa menikmati hidangan yang disajikan. Tak hanya itu, Anda pun membutuhkan energi untuk berkeliling ke rumah para kerabat.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda dapat menjaga pola makan dan tetap bugar saat Lebaran nanti? Diastika, seorang personal trainer di 20FIT menyebutkan agar Anda menjaga pola makan saat Lebaran nanti.

"Sebenarnya 'cheating' di Hari Lebaran boleh saja, cuma tetap saja, tidak bisa cheating begitu aja. Pola makan tetap harus dijaga. Jangan semua makanan dimakan. Tetap atur pola makan sama seperti sebelum Lebaran," ungkap Dias kepada merahputih.com baru-baru ini 20FIT, Gading Serpong, Tangerang.

Lebih lanjut, Dias mengatakan setelah hari Lebaran, Anda jangan malas untuk kembali berolahraga. Keesokan hari setelah lebaran, Anda harus kembali ke gym. Jangan menunggu lama.

"Kalau bisa besoknya juga udah latihan lagi," tambahnya.

Sementara itu, di Lebaran Anda pasti akan banyak berkunjung ke rumah kerabat Anda. Tentu hal ini akan melelahkan. Agar tetap bugar, pastikan Anda tidur cukup di malam sebelumnya dan tetap berolahraga.

"Agar tetap bugar ya tetap jaga pola makan, pola latihan, dan pola istirahatnya," ucap Dias.

Selama Anda tetap berolahraga di hari sebelum Lebaran, tubuh Anda pasti akan tetap bugar. Jaga juga pola makan, konsumsi makanan dengan nutrisi tinggi yang mengandung protein, vitamin, dan serat. Jangan lupa untuk mengurangi asupan karbohidrat untuk menjaga pola makan yang baik. Dan jaga pola istirahat Anda dengan cukup tidur.

"Untuk asupan karbohidrat cukup 2 kali sehari aja, pagi dan siang. Malamnya protein. Kalau selama puasa boleh saja makan karbohidrat ketika sahur dan berbuka, cuma jangan terlalu banyak, asal kenyang aja. Yang paling penting waktu istirahat dijaga, malamnya tidur 7-8 jam agar di hari raya bisa bugar," tutup Dias.

#20FIT #Tips #Lebaran #Menu Lebaran #Kesehatan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan