Tips agar Waktu Istirahat Efektif

 Irene Gianov Irene Gianov - Sabtu, 06 Mei 2017
Tips agar Waktu Istirahat Efektif
Manfaatkan waktu istirahat Anda dengan efektif (Foto: Filckr)

Mungkin seringkali waktu istirahat yang Anda miliki tidak digunakan secara efektif. Akibatnya, seusai istirahat pun badan masih lelah dan tidak siap beraktivitas. Karena itulah Anda perlu mengatur waktu, kegiatan, bahkan asupan, agar momen istirahat Anda lebih efektif dan berkualitas. Apa saja yang harus Anda lakukan? Simak tips berikut.

1. Buat perencanaan

Buat daftar apa saja yang akan dikerjakan selama istirahat (Foto: HubSpot Blog)

Ketika memiliki waktu istirahat, baik satu jam maupun seharian, rencanakanlah dengan baik. Misalnya, jam sekian sampai jam sekian Anda akan tidur, makan, lalu jalan-jalan dan melakukan hobi. Jangan sampai waktu berharga Anda untuk istirahat satu hari hanya dihabiskan di depan sosial media ya! Anda pasti tak akan sadar telah menghabiskan waktu dengan kurang efektif.

2. Bergerak

Berolahraga bisa jadi pilihan memanfaatkan istirahat (Foto: xquest.asia)

Jangan diam di satu tempat saja ketika beristirahat, misalnya hanya duduk di meja atau pun tiduran di kasur. Coba awali hari dengan berolahraga agar satu hari lebih segar. Atau, berjalan-jalanlah keluar rumah sekadar menghirup udara segar.

3. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi akan menunjang kembalinya kebugaran tubuh kita saat istirahat (Foto: sehatsegarbugar.com)

Makanan yang bergizi baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan membuat tubuh kita lebih siap untuk beraktivitas. Hindari terlalu banyak makanan karbohidrat, agar tubuh tidak "lelah". Seimbangkan apa yang Anda konsumsi, empat sehat lima sempurna.

4. Hindari gadget dan pekerjaan

Usahakan tidak menghabiskan waktu istirahat bersama gadget dan pekerjaan (Foto: The Verge)

Sebisa mungkin, hindari gadget termasuk ponsel dan laptop ketika beristirahat. Radiasi yang dipancarkan dari barang-barang elektronik tersebut akan membuat mata Anda lebih cepat lelah. Tak jarang, mereka juga membuat Anda kecanduan dan akhirnya waktu istirahat hilang begitu saja. Anda bisa mengganti bahan bacaan atau hiburan tersebut dengan buku.

5. Tinggalkan pesan

Tinggalkan pesan agar tidak terganggu selama beristirahat (Foto: The Odyssey Online)

Poin ini juga penting diperhatikan saat ingin beristirahat dengan efektif. Tinggalkan pesan terlebih dulu kepada kolega dan teman-teman, misalnya bahwa Anda akan membalas dengan lebih lama (slow response) atau tidak bisa dihubungi beberapa jam ke depan. Sehingga, urusan-urusan yang tidak terlalu mendesak bisa ditunda agar Anda dapat beristirahat sejenak.

6. Power nap

Tidur singkat juga penting agar istirahat lebih efektif (Foto: WebMD fit)

Jika hanya memiliki waktu kurang dari satu jam, manfaatkan untuk tidur dan mengistirahatkan tubuh. Gunakan 20-30 menit untuk tidur singkat, jangan terlalu lama agar mood dan konsentrasi Anda tidak buyar ketika bangun. Pasang alarm dengan volume kresendo, yaitu pelan di awal lalu berangsur-angsur keras (smart alarm mode). Jangan menggunakan volume terlalu kencang sehingga tubuh dan otak kaget. Selamat beristirahat.

Baca juga artikel lainnya seputar istirahat di sini: 5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi sebelum Tidur.

#Istirahat Berkualitas #Tidur #Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Irene Gianov

Love Indonesia
Bagikan