Sumarsono: Jangankan Terdakwa, Terpidana Pun Kalau Meninggal Wajib Disalatkan

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 07 Maret 2017
Sumarsono: Jangankan Terdakwa, Terpidana Pun Kalau Meninggal Wajib Disalatkan
Plt Gubernur DKI Sumarsono (paling kanan). (MP/Yohanes Abimanyu)

Menghadapi Pilgub DKI Jakarta, spanduk dukungan kepada calon tertentu bertebaran. Bahkan, belakangan ini marak ditemukan spanduk bernada provokatif untuk menolak menyalatkan pembela penista agama yang dipasang di masjid-masjid.

Plt Gubernur DKI Jakarta Sony Sumarsono bersama dengan Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta (Dikmental) berusaha melakukan pendekatan kepada warga terkait spanduk-spanduk yang dipasang di sejumlah masjid.

Sumarsono mengatakan pihaknya ingin mengembalikan fungsi masjid sebagai tempat ibadah. Ia meminta warga agar tidak memasang spanduk provokatif.

"Saya juga merasa, sebagai muslim kok kayak kurang setuju dengan pemasangan spanduk seperti itu di tempat ibadah. Saya juga diskusi kecil untuk menertibkan spanduk yang bertebaran di masjid-masjid yang isinya larangan mensalatkan kepada mereka pendukung penista agama," kata Sumarsono di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (7/3).

Sumarsono menambahkan dirinya akan melakukan dialog dengan mengumpulkan dewan masjid indonesia untuk melakukan pendekatan persuasif.

"Kalau salat ya jangankan terdakwa, terhukum, terpidana, di penjara pun kalau meninggal tetap harus disalatkan. Saya kira itu prinsip. Rasanya sebagai seorang muslim melihatnya kurang pas. Karena mensalatkan jenazah itu hukumnya fardu kifayah. Saya kira itu yang ditekankan, tetapi harus dialogis, supaya mereka mencopot sendiri. Bantulah saya sebagai Plt Gubernur DKI, menjaga ketertiban Jakarta," tuturnya penuh harap.

Seperti diketahui, sejumlah masjid di Jakarta memasang spanduk bertuliskan ajakan menolak menyalatkan jenazah bagi pembela penista agama.

Spanduk tersebut bahkan menjadi viral di media sosial seperti di Masjid Mubassyirin, Jalan Karet Belakang Selatan, Karet, Jakarta Selatan. (Abi)

#Plt Gubernur DKi #Sony Sumarsono
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan