Permintaan Pekerja Infal Turun Drastis, Penyalur Pusing

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 21 Juni 2017
Permintaan Pekerja Infal Turun Drastis, Penyalur Pusing
Sejumlah Pembantu Rumah Tangga (PRT) pengganti atau infal beraktivitas di salah satu penyedia jasa tenaga kerja di Jakarta, Senin (19/6). (ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)

Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi unik di tanah air. Hampir setiap tahun jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H acara mudik menjadi perhatian khusus.

Saat musim mudik tiba, seluruh anggota keluarga biasanya melakukan mudik bersama keluarga, menuju kampung halaman. Tak terkecuali para pekerja atau asisten rumah tangga.

Di saat kondisi seperti ini, biasanya majikan memerlukan pekerja pengganti untuk membereskan pekerjaan rumah tangga yang ditinggalkan sementara.

Salah satu solusinya adalah menggunakan jasa pekerja infal. Pekerja yang disewa dengan tenggat waktu singkat dan biasanya ada pada hari raya tertentu seperti Lebaran.

Namun, belakangan pekerja infal sudah kurang diminati. Hal ini terasa sejak tiga tahun terakhir.

Berdasarkan penuturan penyalur LPK Normalia, Okta, tren penurunan peminat pekerja infal terasa dalam beberapa tahun terakhir ini.

Penyebabnya pun kurang diketahui, apakah tingkat kepercayaan terhadap penyalur atau ada faktor lain, yang jelas minimnya permintaan pengguna jasa membuat omzet berkurang.

"Pusing lah pak, kalau saya harus membiayai berbagai keperluan rumah tangga dan keperluan lainnya, seperti menutup gaji karyawan," katanya saat ditemui di kantornya, bilangan Penganten Ali, Jakarta Timur, Rabu (21/6).

Diakuinya, hingga H-4 pesanan pekerja infal baru 6 orang.

Sama halnya dengan penyalur dari yayasan Barokah Abadi, Masitoh. Ia mengaku bingung dengan kondisi yang dihadapi saat ini.

Meski begitu, ia tidak ambil pusing dan terus berusaha mempromosikan pekerjanya ke berbagai pihak.

"Ya berkurang, namanya rezeki, sudahlah, yang jelas terus berusaha," tandasnya. (Fdi)

Baca berita terkait pekerja infal lainnya di: H-4 Lebaran, Permintaan Pekerja Infal Masih Minim

#Pembantu Infal #Lebaran 2017
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan