Pemkab Bangka Barat Seriusi Pembangunan Seni Budaya

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 28 Februari 2017
Pemkab Bangka Barat Seriusi Pembangunan Seni Budaya
Seni tari khas Kabupaten Bangka Barat. (FOTO Dok. Pemkab Bangka Barat)

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyeriusi pembangunan bidang seni dan budaya untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Bidang seni dan budaya menjadi salah satu perhatian kami untuk mewujudkan cita-cita pembangunan menuju Bangka Barat Hebat 2021," kata Wakil Bupati Bangka Barat, Markus di Muntok, Selasa.

Menurut dia, seni dan budaya memiliki peran penting dan strategis untuk mendukung terwujudnya cita-cita besar pembangunan daerah karena melalui bidang tersebut akan memicu kreativitas dan jati diri masyarakat, khususnya generasi muda di daerah itu.

"Kami berupaya agar nantinya generasi muda di daerah ini semakin kreatif dalam berkesenian dan mampu memanfaatkan peluang yang tersedia cukup besar di tengah arus industrialisasi seni saat ini," katanya.

Ia optimistis generasi muda di daerah itu mampu bersaing dalam bidang seni di kancah nasional. Untuk mendukung hal tersebut, kata dia, pemerintah akan mendorong generasi muda agar lebih tekun belajar dan berani berkreasi sesuai bidang yang digeluti masing-masing.

"Bangunan panggung hiburan rakyat yang berada di Desa Mancung, Kecamatan Kelapa yang baru diresmikan merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam mendorong generasi muda berkreasi," ujarnya.

Kepala Desa Mancung, Karman mengatakan panggung hiburan yang terletak di lapangan Airtipah, Mancung tersebut diharapkan mampu menjadi pusat adu kreativitas kawula muda di daerah itu.

"Masyarakat bisa memanfaatkan lokasi itu untuk ajang menyalurkan bakat seni dan diharapkan mampu mengurangi kenakalan remaja," ucapnya.

Ia berencana setiap akhir pekan nantinya digelar kegiatan kesenian, baik seni modern maupun lokal sehingga tidak ditemukan lagi anak muda yang nongkrong di terminal.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan posistif dan terarah, nantinya tidak ada lagi aksi kenakalan remaja, mabuk-mabukan, balap liar dan lainnya yang bisa merugikan diri sendiri dan warga sekitarnya," paparnya.

Peresmian panggung hiburan rakyat oleh Markus dimeriahkan penampilan artis nasional, Heri Gama1, personel grup musik dari Desa Mancung yang sudah berhasil mengukir prestasi sampai tingkat nasional.

#Bangka Belitung #Karya Seni Tradisional #Kreativitas Anak
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan