Mengenal Makhluk Mitos dari Sumatra Barat

Zahrina IdzniZahrina Idzni - Senin, 10 April 2017
Mengenal Makhluk Mitos dari Sumatra Barat
Orang bunian (infoglobalkita.com)

Mitos telah berkembang sejak lampau di Indonesia, bahkan dapat dipastikan setiap daerah memilikinya. Bertolak ke wilayah Minangkabau, Sumatra Barat, ada satu mitos tentang sejenis makhluk halus bernama "orang bunian". Disebut 'orang' karena mereka berbentuk menyerupai manusia, yang menghuni tempat-tempat sepi, seperti rumah-rumah kosong yang telah ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa orang bunian merupakan masyarakat di sebuah kampung bernama Bunian, yang adalah kampung para makhluk halus. Hanya orang-orang tertentu yang bisa menjumpai kampung ini.

Istilah orang bunian ini juga terkadang dikaitkan dengan "dewa" di Minangkabau. Pengertian "dewa" dalam hal ini sedikit berbeda dengan dewa dalam ajaran Hindu maupun Buddha. "Dewa" dalam istilah Minangkabau berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di wilayah hutan, rimba, pinggir bukit, atau dekat pekuburan. Dalam kepercayaan Minangkabau, "dewa" lebih diasosiasikan sebagai makhluk halus berwujud perempuan yang cantik rupawan.

Anda pernah mencium bau seperti kentang goreng saat melewati tempat-tempat tertentu? Aroma tersebut diyakini menunjukkan keberadaan makhluk halus. Masyarakat lokal Minangkabau menyebut aroma mirip bau kentang goreng tersebut dengan "samba dewa" atau "masakan dewa", dan biasanya tercium menjelang matahari terbenam di pinggir bukit.

Tak hanya di Sumatra Barat, beberapa wilayah lain di Pulau Sumatra pun memercayai adanya orang bunian ini, misalnya di Bengkulu. Di sana mereka juga menyebut orang bunian sebagai sebabah, dengan bentuk mirip manusia tetapi bertubuh kecil dan berkaki terbalik.

Hmm.. mitos yang cukup menarik dari Sumatra. Bagaimana dengan mitos di daerah Anda, Sahabat Merahputih? Yuk, ceritakan dengan menulis di kolom komentar di bawah ini!

#Minangkabau #Cerita Rakyat #Cerita Mistis
Bagikan
Ditulis Oleh

Zahrina Idzni

Gaul, supel dan berkibarlah bendera negeri, Merah Putih Jaya
Bagikan