Muhadjir Effendy: Reformasi Pendidikan Nasional Segera Dilakukan

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 02 Mei 2017
Muhadjir Effendy: Reformasi Pendidikan Nasional Segera Dilakukan
Mendikbud Muhadjir Effendy (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Reformasi sistem pendidikan nasional bakal segera dilakukan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu hal itu sebagai bagian dari upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Sebagaimana dilansir dari Antara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional, baik pada tataran konseptual dan manajerial.

"Kami bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Dalam tataran konseptual, sekarang sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional," ujar Muhadjir Effendy dalam peringatan Hari Pendidikan dan Nasional (Hardiknas) di Jakarta, Selasa, (2/5).

Dia menjelaskan pembentukan karakter dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar. Kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut, kondusinya harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.

"Memungkinkan peserta didik membekali dirinya dengan keterampilan dan keahlian yang berdaya kompetisi tinggi, yang dibutuhkan dunia abad 21." Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengatakan melalui karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak di antara bangsa-bangsa maju yang lain di masa yang akan datang.

"Dengan demikian, keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain menjadi lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat." Untuk itu, dalam reformasi pendidikan nasional ini, sambung dia, kerja keras yang kontruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan.

Muhadjir juga mengajar segenap masyarakat untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan.

"Dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan berkualitas yang merata, dalam makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa, maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud," papar dia.

Peringatan Hardiknas 2017 mengusung tema "Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas". Peringatan Hardiknas di lingkungan Kemdikbud dimulai dari upacara, diskusi kebangsaan, dangdutan hingga makan bersama.

Sumber: ANTARA

#Hari Pendidikan Nasional #Mendikbud #Mendikbud Muhadjir Effendy
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan