Menelusuri Kisah Lagu Ampar-Ampar Pisang

Rina GarminaRina Garmina - Sabtu, 03 Juni 2017
Menelusuri Kisah Lagu Ampar-Ampar Pisang
Pisang, bahan utama kue Rimpi. (Foto: Pixabay)

Lagu Ampar-Ampar Pisang berhasil menghipnotis 1.000 penonton yang memadati panggung utama di depan Istana Presiden Meksiko pekan ini. Anda mungkin masih ingat lagu daerah yang berasal dari Kalimantan Tengah ini. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud ampar-ampar pisang yang terdapat pada lirik lagu ciptaan Hamiedan AC tersebut?

Ampar-Ampar Pisang bercerita tentang makanan khas Kalimantan yang terbuat dari pisang. Menggunakan kata ampar-ampar pisang karena pembuatan kue ini diampar atau disusun hingga sangat matang, bahkan busuk. Setelah itu, pisang dijemur di bawah cahaya matahari sampai hampir mengeras dan mengeluarkan aroma manis yang disebut bari-bari.

Nama asli makanan tersebut adalah Rimpi. Pada saat pisang dengan dijemur biasanya akan muncul binatang kecil bersayap yang bisa terbang. Lagu ini biasanya dinyanyikan orangtua yang sedang membuat Rimpi untuk menakut-nakuti anak-anak yang suka mencuri Rimpi selagi pisang dijemur.

Anda dapat menjumpai ancaman tersebut pada lirik anak yanki dikiti bidawang yang artinya digigit biawak. Anda sendiri masih suka menyanyikan lagu ini?

#Lagu Daerah #Kalimantan Tengah
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan