Hasmi Berencana Terbitkan Karya Baru Dua Bulan Lagi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 08 November 2016
Hasmi Berencana Terbitkan Karya Baru Dua Bulan Lagi
Prosesi pemakaman Hasmi di Pemakaman Seniman Giri Sapto, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (7/11). (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Budaya - Harya Suramita atau dikenal Hasmi, Sang Maestro komik, wafat di saat merampungkan karya barunya. Bahkan, karya tersebut rencananya akan diterbitkan dua bulan lagi.

Fajar Sungging, sahabat Hasmi, menuturkan bahwa di tengah menderita sakit Hasmi sedang menyelesaikan karya terbaru, Gundala Kiwilawuh. "Sudah setahun direncanakan. Terbitnya seharusnya dua bulan lagi," kata Fajar kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (7/11).

Fajar bercerita, karya tersebut rencananya ada 120 halaman. Saat ini sudah diselesaikan 20 halaman. Bila tidak sakit dan tidak sibuk aktivitas lainnya, karya akan diselesaikan dalam beberapa bulan ke depan sebelum diterbitkan.

Gundala Kiwilawuh merupakan rencana project kerjasama dengan salah satu koran nasional. Koran tersebut bersedia menerbitkannya di salah satu kolom komiknya.

Namun, rencana penerbitan Gundala Kiwilawuh pupus. Hasmi pergi sebelum menyelesaikan karya tersebut, Minggu (6/11), pukul 12.21 di RS Bethesda, Kota Yogyakarta, akibat sakit yang telah lama dideritanya. Sang Maestro kemudian dikebumikan, Senin (7/11), di Pemakaman Seniman Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Komikus Gundala Putra Petir Mengidap Gangguan Usus
  2. Harya Suraminta, Penulis Gundala Putra Petir Wafat
  3. Nasib Gundala Putra Petir Sesudah Hasmi Wafat
  4. Djair Warni, Pencipta Komik Jaka Sembung Meninggal Dunia
  5. Komik Kisah Buya Syafii Resmi Diluncurkan
#Harya Suraminata #Komik Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan