Yuk Kunjungi Museum Perjuangan di Yogyakarta

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 20 Mei 2016
Yuk Kunjungi Museum Perjuangan di Yogyakarta
Museum Perjuangan di Yogyakarta (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Hari ini, Jumat (20/5), mungkin Anda bingung akan berwisata ke mana. Apalagi di hari jelang akhir pekan seperti ini. Seiring momentum Hari Kebangkitan Nasional, Anda bisa menyasar ke Museum Perjuangan sebagai destinasi wisata edukasi Anda bersama keluarga.

Museum Perjuangan berada di Jalan Kol Sugiyono Nomor 24, Brotokusuman, Yogyakarta. Posisinya sekitar 500 meter dari Pojok Beteng Timur.Di sini Anda bisa mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan masa dahulu.

Begitu Anda berada di pekarangan museum, Anda akan disuguhi pemandangan patung-patung para tokoh. Sementara di dalam museum, Anda akan diajak berkelana di masa lalu melalui benda-benda bersejarahnya. Mulai dari tokoh, benda bersejarah, hingga gambar-gambar yang mengingatkan siapa pun akan kekuatan para pejuang mengambil kemerdekaan Republik Indonesia.

http://server7.merahpoetih.com/gallery/public/2016/05/20/iQ6IU1uHdY1463719847.jpg

Beberapa koleksi tersebut diantaranya meriam VOC yang ditemukan di benteng Vredeburg, miniatur kapal Armada Laut Belanda, meja dan kursi tamu kapten Widodo, replika senjata VOC, dan ada pula tas milik M Hatta.

Museum ini diresmikan pada 29 Juni 1961. Pembangunan museum ini memakan waktu sekitar 3 tahun dengan ditandai peletakan batu terakhir. Namun antara tahun 1963 - 1969, museum yang termasuk dalam jenis museum khusus ini mengalami kesulitan dalam pendanaan hingga akhirnya ditutup untuk umum. Penutupan ini masih terus berlanjut sampai tahun 1974 sebelum dibuka kembali tahun 1980.

Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Untuk masuk ke museum edukasi ini, Anda hanya dikenai tiket Rp2.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak. Bahkan, harga tiket akan dipotong 50 persen bila Anda datang bersama rombongan. Tentu harga yang sangat murah bukan. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Museum Sandi di Yogyakarta
  2. Mari Berkunjung ke Museum Sandi di Yogyakarta
  3. Museum Kebangkitan Nasional, Wisata Favorit Warga Jakarta Akhir Pekan
  4. Arus Sejarah Bangunan Museum Kebangkitan Nasional dari Generasi ke Generasi
  5. Menilik Lebih Dalam Museum Kebangkitan Nasional
#Wisata Yogyakarta #Museum Perjuangan #Hari Kebangkitan Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan