Tiga Negara yang Mengabadikan Nama Soekarno Menjadi Nama Jalan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 22 Mei 2017
Tiga Negara yang Mengabadikan Nama Soekarno Menjadi Nama Jalan

Sebagai proklamator dan presiden pertama RI, Soekarno memang menjadi tokoh yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbagai penghormatan pun diberikan untuk Soekarno, seperti wajahnya yang dimasukan pada uang rupiah, menjadi nama jalan hingga dibuatkan patung.

Namun, tahukah Anda jika Soekarno ternyata bukan hanya dikagumi di Indonesia saja? Saking dikaguminya, nama Soekarno diabadikan sebagai nama jalan. Negara apa saja itu? Berikut ulasan singkatnya.

Maroko

Flickr.com

Di negara yang terletak di utara Afrika ini terdapat sebuah jalan bernama Jalan Soekarno atau Rue Soukarno. Jalan tersebut berada di ibu kota Maroko, Rabat, persisnya di sebelah kantor pos terbesar di Maroko.

Nama Soekarno diabadikan sebagai nama jalan untuk penghormatan atas jasanya membuat Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung, Jawa Barat. Jalan Soekarno diresmikan oleh Raja Mohammed V pada tahun 1960 yang dihadiri langsung oleh Soekarno.

Mesir

Screenshot Google Map

Setelah Maroko, kita geser sedikit ke negara di timur laut Afrika yakni Mesir. Di sana Soekarno diabadikan sebagai nama jalan Ahmad Soekarno atau Ahmed Sokarno Street di daerah Kit-Kat Agouza Geiza.

Soekarno memang sangat dekat dengan Gamal Abdul Nasser, presiden kedua Mesir. Tercatat sudah enam kali Soekarno berkunjung ke negara tersebut. Terlebih saat itu Mesir dan Indonesia adalah negara pelopor Konferensi Asia Afrika.

Penambahan Ahmad pada nama Soekarno sendiri dilakukan oleh mahasiswa yang bersekolah di sana. Nama Ahmad sengaja diberikan untuk memberikan nuansa keislaman sehingga menarik perhatian masyarakat Mesir.

Pakistan

Screenshot Google Map

Usai Maroko dan Mesir, kita mencoba terbang ke negara Pakistan yang terletak di Asia Selatan. Di Pakistan, ada dua tempat yang memakai nama Soekarno. Pertama Soekarno Square Khyber Bazar yang kini berubah menjadi Soekarno Chowk di Kota Peshawar dan Soekarno Bazar di Kota Lahore.

Nama Soekarno memang begitu harum di negara Pakistan. Terlebih di tahun 1965 Soekarno mengirimkan TNI AL untuk berpatroli di laut selatan Pakistan saat negara itu konflik dengan India.

Sahabat merahputih, itulah tiga negara yang menjadikan nama presiden pertama Indonesia sebagai nama jalan. Selain tiga negara tersebut ada pula negara yang mengabadikan nama Soekarno. Seperti Kuba yang memasang foto Soekarno di perangko dan Rusia yang menamakan salah satu Masjid dengan nama Masjid Biru Soekarno.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Ini Kelakuan Tentara Lucu yang Diunggah Puspen TNI di Twitter

#Soekarno #Presiden RI #Mesir
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan