Rasakan Sensasi Liburan Anda di Rumah Dome 'Teletubbies' di Yogyakarta

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Sabtu, 25 Maret 2017
Rasakan Sensasi Liburan Anda di Rumah Dome 'Teletubbies' di Yogyakarta
Kompleks Rumah Dome 'Teletubbies' di Yogyakarta (MP/Fredy Wansyah)

Kompleks Rumah Dome yang berlokasi di Dusun Nglepen, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata unik yang saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya domestik, namun juga wisatawan mancanegara.

Kompleks Rumah Dome yang juga dikenal dengan sebutan Rumah Teletubbies ini adalah kompleks perumahan yang dibangun dengan mengadaptasi arsitektur rancangan bangunan tahan gempa. Rumah dengan bentuk pola setengah bola atau dome ini dibangun setelah peristiwa gempa bumi yang melanda wilayah DI Yogyakarta pada tahun 2006 lalu. Kompleks perumahan ini juga adalah komplek perumahan warga yang menjadi korban gempa pada saat itu.

Rumah-ruma dome ini dibangun di tanah kas desa seluas 2,6 hektar. Pembangunan rumah-rumah dome dikerjakan sekitar 1 tahun oleh pemerintah dan NGO Domes for The World Fundation.

Keunikan lain dari rumah dome ini adalah, meski bentuknya kecil, ternyata rumah ini memiliki beberapa ruang. Bahkan rumah dome ini juga terbagi menjadi dua lantai. Saat panas terik udara di rumah dome terasa dingin, dan saat hujan lebat penghuninya akan merasa hangat.

Kompleks Ruma Dome, di Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Paket wisata yang ditawarkan di kawasan kompleks perkampungan korban gempa Yogyakarta ini di antaranya adalah permainan seperti badut teletubbies, permainan tangkap belut, estafet air, bakiak, snow ball dan lain-lain.

Selain itu pengunjung juga bisa tracking ke peternakan, Belik Wunut, dan tanah ambles. Berbagai kegiatan edukasi seperti pemutaran video gempa, melihat proses pembuatan roti brownis, pembuatan cindera mata, outbond hingga kesenian seperti; ronda tek-tek, karawitan, jatilan, jingga campursari.

Kompleks Rumah Dome juga menyediakan Kereta kelinci. Kereta kelinci ini akan membawa wisatawan berkeliling komplek menyaksikan keunikan perumahan di sini. Setelah berkeliling, wisatawan juga dapat mendengar langsung bagaimana sejarah dan peristiwa setelah gempa dahsyat di Yogyakarta tahun 2006.

Beberapa Rumah Dome juga menyediakan paket Homestay. Jadi, pengunjung bisa benar-benar merasakan sensasi hidup di dalam rumah tahan gempa di Rumah Dome "Teletubbies". Rumah Dome atau Rumah Teletubbies di Yogyakarta ini adalah satu-satunya yang ada di Indonesia.

Satu hal yang jangan dilewatkan jika Anda berkunjung ke Kompkes Rumah Dome, yaitu untuk berselfie ria. Berselfie dengan latar rumah teletubies ala Yogyakarta tentu menjadi kebanggan tersendiri, bukan? Nah, kalau ingin merasakan langsung kehidupan rumah teletubies ini, jangan lupa catat ya saat berkunjung ke Yogyakarta.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Yuk, Kunjungi 5 Pantai Terkenal Di Negeri Laskar Pelangi

#Rumah Unik #Gempa Yogyakarta #Wisata Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan