Ramadan 2017 Jumlah Pengemis Jakarta Berkurang

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 20 Juni 2017
Ramadan 2017 Jumlah Pengemis Jakarta Berkurang
Ilustrasi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). (MP/Rizki Fitrianto)

Jumlah pengemis atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di DKI Jakarta selama Ramadan 2017 menurun dibandingkan pada Ramadan 2016.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan bahwa pada tahun lalu PMKS yang dijangkau selama Ramadhan sebanyak 1.319 orang.

"Tahun ini dari awal Ramadan hingga 24 Ramadan sebanyak 614 orang PMKS yang berhasil kami jangkau dari jalanan," kata Masrokhan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (20/6).

Hingga akhir Ramadan, ia memperkirakan penurunan jumlah PMKS itu sekitar 30 persen.

Ia menilai, penurunan PMKS disebabkan pihaknya telah memetakan daerah-daerah rawan PMKS jalanan di lima wilayah Kota DKI Jakarta.

Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) lima wilayah kota pun segera melakukan penjangkauan di daerah yang telah dipetakan tersebut.

"Kami telah memetakan daerah rawan PMKS ini telah bergeser ke tempat umum seperti jembatan penyeberangan orang (JPO), pasar tradisional, tempat pemakaman umum (TPU), mall, perumahan penduduk, dan tempat keramaian lainnya," katanya.

Sebanyak 425 orang satuan petugas P3S di lima wilayah kota dikerahkan selama Ramadan 2017. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Satpol PP DKI Jakarta.

Masrokhan pun mengajak warga DKI agar cerdas dalam memberi bantuan karena bantuan yang diberikan kerap disalahgunakan oleh oknum yang memanfaatkan Ramadan.

"Jika warga ingin memberi, bisa disalurkan kepada lembaga-lembaga yang terpercaya dan akuntabel. Karena tentu kita ingin pemberian itu dapat bermanfaat untuk kehidupan yang lebih baik," tandasnya.

Sumber: ANTARA

#Pengemis Dan Gelandangan #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan