Polisi Amankan Seluruh Jalur Pelintasan Bobotoh

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 17 Oktober 2015
Polisi Amankan Seluruh Jalur Pelintasan Bobotoh
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) memberikan arahan pada Rakor Kesiapan Pengamanan Final Piala Presiden 2015 di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/10). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih Peristiwa - Dalam mengamankan pertandingan final Piala Presiden antara Persib Vs Sriwijaya FC di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (18/10), Polda Metro Jaya adakan rapat internal dengan Kodam Jaya, Pemprov DKI, dan Brimob Polri guna antisipasi bentrokan antarpendukung yang datang dan antara suporter Persib dan suporter Persija sebagai tuan rumah.

Selain itu, kepolisian juga mengamankan seluruh jalur pelintasan yang akan digunakan pendukung Persib atau Bobotoh menuju stadion GBK dan saat pulang dari GBK. Pengamanan dilakukan baik jalur tol maupun jalur arteri yang dilewati Bobotoh.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Martuani Sormin mengatakan, rapat internal dengan Kodam Jaya, Pemprov DKI, dan Brimob Polri bertujuan agar seluruh pihak mengetahui tugas dan titik rawan di DKI Jakarta.

"Ini langkah proaktif. Kemungkinan kerusuhan bisa saja sporadis dengan aksi lempar di rute yang dilewati pendukung Persib. Tapi, kita berjanji akan mengamankan semua jalan arteri dan jalan tol yang dilewati mereka. Ini semua demi menunjukkan The Jakmania bisa sebagai tuan rumah yang baik," kata Martuani, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (16/10).

Lebih lanjut, diterangkan Martuani, pemeriksaan akan diperketat di area GBK sesuai dengan prosedur keamanan kepolisian. Mulai pemeriksaan badan, atribut, dan barang bawaan para suporter yang masuk ke dalam area tersebut.

"Sesuai prosedur, tetap akan dilakukan body check. Apalagi seperti tongkat bambu yang biasanya dipakai untuk tiang bendera. Kita akan tempatkan personel Brimob Polda Metro Jaya di Senayan, ada 10 satuan setingkat kompi," terangnya.

Ia mengatakan, seluruh petugas yang bersiaga di area GBK sebanyak 9.041. Personel tersebut gabungan terdiri dari Polisi, TNI, pemadam kebakaran, dan dinas perhubungan.

Selain pengamanan, lanjut Martuani, langkah lain yang dipersiapkan ialah memperbanyak jumlah toilet darurat di area GBK. Berangkat dari pengalaman saat konser Bon Jovi beberapa waktu lalu, gesekan sering terjadi di lokasi yang tidak mendapat perhatian.

"Kami minta toilet diperbanyak karena kalau kurang bisa menjadi masalah atau awal bentrokan. Seperti pada konser Bon Jovi sempat kurang. Beruntung saja penonton aman-aman saja karena penontonnya middle class," tutupnya. (gms)

 

Baca Juga:

  1. Masyarakat Diimbau Tidak Melintas Stadion GBK Sejak Minggu Siang
  2. Polda Lakukan Pengamanan di GBK
  3. Meme Kocak Bobotoh Dukung Persib di GBK
  4. Beredar Harga Tiket Final Piala Presiden 2015 di GBK
  5. Cuekin Jakmania, Bobotoh Siap Kudeta GBK
#Sriwijaya FC #Jakmania #Bobotoh #Piala Presiden
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan