Mengenal Tugu Kebangkitan Nasional di Solo

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 20 Mei 2016
Mengenal Tugu Kebangkitan Nasional di Solo
Tugu Kebangkitan Nasional yang ada di kawasan Penumping, Solo, Jawa Tengah, ternyata menjadi bagian perjalanan panjang Indonesia dalam merebut kemerdekaan. (Foto: MerahPutih/Win)

MerahPutih Nasional - Tak banyak orang yang tahu jika sebuah tugu yang berada di kawasan Penumping, Solo, Jawa Tengah ini menjadi bagian dari adanya Hari Kebangkitan Nasional yang selalu diperingati pada tanggal 20 Mei. Tugu tersebut, saat ini diberi nama Tugu Kebangkitan Nasional, namun masyarakat Solo juga banyak yang mengenalnya dengan tugu lilin.

Tugu ini dibuat pada 20 Mei 1993 atau 25 tahun setelah berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Hari Kebangkitan Nasional ini sendiri merupakan bagian dari peringatan lahirnya Boedi Oetomo. Kala itu, pada tahun 1931 para pejuang dari seluruh Nusantara datang berbondong-bondong ke Kota Solo, usai mengadakan kegiatan Kongres Indonesia Raya I di Kota Surabaya.

Pembangunannya dipimpin oleh menantu Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Paku Buwono X (PB X), yaitu Wuryoningrat. Bentuk lilin yang sedang menyala menandakan sebuah pencerahan kepada rakyat Indonesia untuk segera bangkit dari penjajahan. Sebelumnya, banyak cendekiawan dan kaum ningrat atau bangsawan bersekolah di Belanda.

"Tugu ini dibangun oleh para pejuang yang mengikuti Kongres Indonesia Raya I di Surabaya, setelah itu mereka ke Solo dengan membawa tanah dan air dari masing-masing daerahnya," jelas Kepala Dinas Cagar Budaya Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Solo, Mufti Raharjo, Jumat (20/5) siang.

Bisa dibilang, keberadaan tugu ini menjadi pelecut semangat para pejuang untuk meraih kemerdekaan di tahun 1945. Tak heran, jika keberadaan Kota Solo menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia, mengingat banyak peristiwa penting yang dimulai dari Solo. (Win)

BACA JUGA:

  1. Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Senjasri Sajikan Wirodha Wirutama
  2. Selamat #HariKebangkitanNasional
  3. Wisata Edukasi Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta
  4. Yuk Kunjungi Museum Perjuangan di Yogyakarta
  5. Museum Sandi di Yogyakarta
#Hari Kebangkitan Nasional #Tugu Lilin #Tugu Kebangkitan Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan