Makanan Berserat Cegah Nyeri Lutut

Rina GarminaRina Garmina - Kamis, 25 Mei 2017
Makanan Berserat Cegah Nyeri Lutut
Orang yang menjalani diet kaya serat tidak mudah terkena arthritis. (Foto: Pixabay)

Jalan terpincang-pincang akibat nyeri lutut? Rasanya pasti tidak enak. Coba makan lebih banyak serat. Riset terbaru dari jurnal Annals of the Rheumatic Diseases menemukan bahwa orang yang menjalani diet kaya serat tidak mudah terkena arthritis.

Penelitian tersebut terbagi jadi dua. Pertama, Osteoarthritis Initiative (OI) yang melibatkan 5 ribu partisipan. Kedua, FRamingham Offspring dengan lebih dari 12 ribu partisipan.

Hasil riset ditemukan bahwa partisipan yang lebih banyak mengonsumsi serat hanya sedikit yang terkena gangguan nyeri lutut. Pada studi OI, orang-orang yang mengonsumsi serat lebih dari 20 gram per hari risiko terkena arthritis berkurang hingga 30 persen. Dengan Framingham Study, orang-orang yang mengonsumsi makanan berserat sekitar 26 gram per hari memiliki risiko terkena nyeri lutut yang jauh lebih kecil ketimbang orang yang hanya makan serat 14 gram per hari.

Berdasarkan studi tersebut, makan lebih banyak sereal juga mampu menurunkan nyeri lutut. Namun, studi tersebut tidak mampu membuktikan hubungan serat dengan penurunan nyeri lutut. Akan tetapi, peneliti yakin serat membantu melindungi lutut.

Lantas apa saja makanan yang wajib dikonsumsi agar terlindung dari nyeri lutut? Brokoli, tauge, oat dan quinoa merupakan makanan yang patut Anda masukkan dalam menu sehari-hari.

#Makanan Berserat
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan