Mabes Polri Berhasil Tangkap 23 Tersangka Terkait Kasus Vaksin Palsu

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Rabu, 31 Agustus 2016
Mabes Polri Berhasil Tangkap 23 Tersangka Terkait Kasus Vaksin Palsu
Seorang dokter sedang memeriksa balita yang menjadi korban vaksin palsu oleh Rumah Sakit Mutiara Bunda Ciledug di Puskesmas Ciledug Kota Tangerang, Selasa (26/7). (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih Nasional - Menyeruaknya kasus peredaran Vaksin palsu untuk anak dan balita di sekitar masyarakat Indonesia belakanga ini tentunya sangat membuat resah banyak orangtua.

Namun kini para orangtua bisa sedikit bernafas lega tetap juga harus tetap waspada. Karena dari hasil penyelidikan yang diawali dengan pengumpulan dan analisa data Mabes Polri telah menangkap 23 orang tersangka yang terlibat atas peredaran Vaksin palsu.

"Perkembangan sidik vaksin ditemukan beberapa tersangka yakni 6 produsen, 9 distributor, 2 pengumpul bekas botol vaksin, 1 pencetak label dan bungkus, serta 5 orang dokter," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Mabes Polri, Brigjen Pol Agung Setya, seperti yang dikutip dari Setkab.

Adapun vaksin yang dipalsukan, menurut Agung, berdasarkan data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), di antaranya adalah Tripacel, Pediacel, Engerix B, Euvax B, Tuberculin PPD RT 23, Havric Junior.

Sedangkan untuk rumah sakit yang diketahui telah terlibat dalam peredaran vaksin palsu ini. Pihak Polda Metro Jaya telah menyiapkan kemungkinan adanya kemarahan dari pihak orangtua yang anaknya menjadi salah satu korban vaksin palsu.

Meski begitu, Agung menegaskan jika penegakan hukum dalam kasus vaksin palsu hanyalah sala satu solusi dari sekian banyak solusi. Karena yang paling penting ialah masyarakat harus lebih bisa mencegah adanya peristiwa seperti ini lagi untuk kedepannya nanti.

BACA JUGA:

  1. dr Harmon dan dr Dita Jadi Tersangka Vaksin Palsu
  2. Puan Maharani: Pembuatan Vaksin Palsu Merupakan Kejahatan Luar Biasa
  3. Saran Puan Maharani Untuk Orangtua yang Merasa Anaknya Terkena Vaksin Palsu
  4. Koordinasi Nila Moeloek dengan Puan Maharani Soal Vaksin Palsu
  5. Menkes: Mungkin Bukan Hanya Vaksin Palsu Tapi Juga Obat Palsu
#Panja Vaksin Palsu #Vaksin Palsu
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan