Kreasi Motif Pucuk Rebung 2017 Karya Ambah Batik

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 13 Mei 2017
Kreasi Motif Pucuk Rebung 2017 Karya Ambah Batik
Pergelaran busana Ambah Batik di Plataran Menteng, Jakarta Pusat (Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Didominasi bentuk segitiga, motif pucuk rebung masih memikat. Motif ini dulunya hanya digunakan sebagai penghias ujung kain pada pakaian adat Melayu, seperti Aceh Gayo dan Riau. Kini, motif pucuk rebung terlihat lebih "berani" menghiasi seluruh kain dan busana, dengan pola-pola eksploratif.

Kreasi seperti itulah yang ditampilkan dalam peragaan busana merek Ambah Batik di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5) lalu. Terpikat pada motif ini, Dina Rimandra, pendiri Ambah Batik, selalu menekankan pucuk rebung dalam setiap busana. Baginya, warisan berharga budaya Indonesia ini memiliki makna yang dalam akan harapan.

Sebagai tunas muda dari akar bambu, pucuk rebung ini menjadi pengingat untuk terus berupaya maju dan bertumbuh. Kelak, tunas akan tumbuh menjadi bambu, yang kuat dan tidak mudah rebah sekalipun angin bertiup kencang. Juga, bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan falsafah mendalam tersebut, motif ini pun menjadi ciri khas dari merek yang telah ada sejak 2013 tersebut. Seperti apakah kreasi motif pucuk rebung Ambah Batik tahun ini? Berikut beberapa di antaranya.

(Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto
(Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Kemeja putih terlihat semakin pas dengan kain batik dengan warna dasar putih. Kain batik dengan motif pucuk rebung membalut pinggang dengan rasa kepercayaan akan hal baik. Motif hitam dan coklat seakan menyatu dengan kain berwarna putih.

(Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Kebaya batik dengan mantel membuat paduan warna hitam menjadi harmonis dan memberikan kesan kuat. Motif emas pada mantel membuat mantel terlihat semakin kokoh dan indah.

(Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Kain hitam dengan motif batik merah menggambarkan keselarasan yang selalu menyatu. Dengan atasan yang juga berwarna merah, membuat keselarasan semakin mempesona.

(Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Vest merah dengan batik memberikan suatu makna dan arti yang tersirat. Meskipun terlihat santai, kewibawaan akan mengenakan pakaian warisan budaya Indonesia tetap terjaga dan terlihat.

(Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Gaun hitam dengan motif batik seperti bunga terlihat semakin indah dengan kombinasi menggunakan mantel hitam dengan motif batik putih.

(Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Dress biru dengan motif batik coklat terlihat begitu berani dengan memadukan kain berwarna kuning. Kombinasi ini menjadikan warna kuning dan biru seakan bersahabat.

Motif yang menarik, bukan? Sesuai maknanya, motif ini pun sangat pas dipakai generasi muda. Sebagaimana Ambah Batik menjadikan pucuk rebung tren, mari kita juga jadikan motif-motif batik sebagai tren dengan mengenakannya di berbagai kesempatan dan gaya.

Simak pula informasi bagaimana Ambah Batik mengkreasikan motif lainnya dalam artikel berikut: Ambah Batik Buat Desain Bermotif Superhero Indonesia

#Budaya #Budaya Indonesia #Batik #Kain Batik #Gaun Batik #Motif Batik #Ambah Batik #Fashion #Fashion Show
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan