Ini yang Membuat Film Horor Menjadi Seperti Nyata dan Menyeramkan

 Irene Gianov Irene Gianov - Senin, 27 Maret 2017
Ini yang Membuat Film Horor Menjadi Seperti Nyata dan Menyeramkan
Film horor juga melalui proses-proses kreatif berikut ini loh! (Foto : youtube)

Anda penggemar film horor, atau justru malah takut dengan film horor? Bagaimana pun, seperti genre lainnya, film horor juga melalui proses kreatif agar menimbulkan sensasi 'seram' yang membuat penontonnya bergidik ketakutan.

Proses kreatif pembuatan film horor ini juga butuh keahlian, dan dilakukan oleh orang-orang kreatif yang memiliki imajinasi agar apa yang ia buat menjadi seolah-olah nyata, dan seperti bukan mengada-ada.

Berikut beberapa hal kreatif yang akan membuat sebuah film horor 'menangkap' penontonnya.

1. Tata Rias

Gettyimages

Tak perlu dipungkiri, tata rias yang baik akan menambah 'cita rasa' sebuah film horror. Make-up artist spesialis film horor pun turut menuangkan ide-ide kreatifnya sesuai keinginan sutradara. Misalnya saja muka berdarah, tertusuk benda tajam, sampai bola mata yang putih total (biasanya menggunakan bantuan softlense).

2. Musik

waterphone.com

Musik merupakan salah satu elemen terpenting dalam membuat sebuah film horor semakin 'greget'. Tata musik seperti keheningan dengan musik kencang yang tiba-tiba tak ayalnya membuat penonton ketakutan. Dilansir dari boredpanda.com, ada sebuah alat musik bernama waterphone yang ternyata banyak dipakai pada pembuatan film horor terutama di luar negeri.

3. Teknik Pencahayaan

Gettyimages

Yang perlu diperhatikan juga dalam pembuatan sebuah film horor adalah teknik pencahayaannya. Misalnya saja pencahayaan low-key, yang lebih banyak bermain dengan bayangan. Ruangan biasanya temaram atau gelap, dan hanya ada satu sumber cahaya yang jelas untuk obyek yang ingin difokuskan, dan sumber cahaya lainnya lebih redup.

4. Pemilihan Lokasi

Gettyimages

Pemilihan lokasi seperti rumah tua, hutan yang gelap, kuburan, dan lain sebagainya bisa menambah kesan angker sebuah film horor. Terlebih, tempat-tempat yang memang sudah dikenal masyarakat sekitar sebagai tempat yang angker.

5. Jalan Cerita

Gettyimages

Nomor satu sampai empat merupakan elemen pendukung, yang terpenting juga adalah jalan cerita dari film tersebut. Penggemar film horor tentu akan kecewa jika sudah membayar tetapi hanya mendapatkan efek-efek seram tanpa ada inti ceritanya. Sutradara film Annabelle menjelaskan langkah-langkah untuk membuat cerita horor, seperti memilih sosok makhluk supranatural (dibandingkan karakter buah karya seperti vampir) dan menggunakan media seperti boneka yang 'dihidupkan'.

Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Ini Janji Girls Day Jika Single Terbaru I'll Be Yours Jadi Nomor Satu

#Film Horor #Film Baru #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Irene Gianov

Love Indonesia
Bagikan