Hendra/Ahsan Melaju ke Semifinal

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 12 Februari 2016
Hendra/Ahsan Melaju ke Semifinal
Pasangan ganda putra Hendra Setiawan (depan) dan Mohammad Ahsan di Thailand Masters 2016. (Foto PP PBSI)

MerahPutih Raket - Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan akhirnya berhasil melaju ke babak semifinal Thailand Masters 2016. Sempat kehilangan game pertama, keduanya mampu menuntaskan perlawanan Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia), dengan skor 19-21, 21-16, 21-13.

Bermain di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, Kamis (11/2), jalannya laga ganda putra antara Hendra/Ahsan melawan Goh/Tan begitu menegangkan, terutama di game pertama. Sudah unggul 16-11, Hendra/Ahsan kecolongan dan perolehan skor mereka pun disalip oleh Goh/Tan yang balik memimpin dengan kedudukan 20-19 hingga akhirnya mengamankan game pertama.

Di game kedua, Hendra/Ahsan tak mau mengulangi kesalahan di game pertama. Mereka terus berusaha meraih angka sebanyak mungkin dan tak membiarkan Goh/Tan mendekat. Smash Ahsan seringkali menyulitkan Goh/Tan dan ini membuahkan banyak angka bagi pasangan Indonesia. Pada game penentuan, Hendra/Ahsan sudah sulit untuk ditandingi. Sebaliknya, Goh/Tan terus dibawah tekanan dan melakukan banyak kesalahan yang tidak perlu. 

“Kami banyak mati-mati sendiri di game pertama. Sudah beberapa kali memimpin perolehan angka, eh malah bikin kesalahan sendiri. Di game kedua, kami mencoba untuk kurangi kesalahan sendiri, kalau mati ya memang karena dibunuh lawan, bukan salah sendiri. Lama-lama kami bisa bermain normal dan menemukan pola main kami,” jelas Ahsan ketika ditanya soal pertandingan.

“Goh/Tan ini tidak mudah dimatikan, pemain-pemain Malaysia memang terkenal pertahanannya rapat. Jadi serangannya harus benar-benar tajam,” ujar Hendra menambahkan.

Pada babak semifinal, Hendra/Ahsan akan bertemu dengan pasangan Juara Dunia 2014, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol (Korea). Skor pertemuan kedua pasangan sementar imbang 1-1. Ko/Shin memenangkan laga pertemuan pertama dengan Hendra/Ahsan di Australia Open 2015 dengan skor 21-19, 21-15. Hendra/Ahsan kemudian membalas di Chinese Taipei Open 2015 lewat perjuangan tiga game, 21-15, 21-23, 21-19.

“Buat pertandingan di semifinal, kami harus lebih siap lagi. Harus bisa langsung in dari awal pertandingan,” tutur Hendra.

Kemenangan Hendra/Ahsan menjaga asa Indonesia di putaran empat besar. Dua wakil sebelumnya, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini dan tunggal putri Dinar Dyah Ayustine, dihentikan lawan-lawan mereka dan gagal ke semifinal.

BACA JUGA:

  1. Hendra/Ahsan Menang Tanpa 'Berkeringat'
  2. Praveen/Debby Angkat Koper Lebih Awal
  3. Tujuh Tunggal Putra Indonesia Melaju ke Babak Kedua
  4. Singkirkan Wakil Malaysia, Firman Kantongi Tiket Babak Kedua
  5. Perlawanan Sengit Bayu dengan Unggulan Kelima di Thailand
#Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan #Thailand Masters 2016 #Bulu Tangkis Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan