Destinasi Paralayang Paling Menantang di Indonesia

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 12 Mei 2017
Destinasi Paralayang Paling Menantang di Indonesia
Paralayang, aktivitas menantang yang wajib Anda coba untuk uji adrenalin. (Foto: pixabay.com)

Bukit TimbisParalayang telah lama dikenal di Tanah Air. Bahkan, tidak sedikit atlet paralayang Indonesia yang sudah maju ke kejuaraan dunia. Darumaka Rajasa dan Permadi Chandra adalah dua contoh atlet yang baru-baru ini berhasil menembus peringkat 20 besar di Kejuaraan Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang Antar-Negara (WPAC) FAI IX 2017 di Vlora, Albania.

Namun, tidak perlu menjadi atlet paralayang bila hanya ingin uji adrenalin. Anda hanya perlu datang ke tempat-tempat ini untuk uji keberanian dengan main paralayang.

1. Matantimali

Matantimali (TOPANJAYOWordPress.com)

Matantimali yang terletak di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah ini merupakan tempat yang tepat untuk uji adrenalin dengan main paralayang. Anda bisa terbang hingga ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Matantimali menawarkan banyak keuntungan bagi para pemain paralayang.

Letaknya yang berada di ujung lereng yang amat terjal memungkinkan angin menghantam lereng gunung, lalu menimbulkan turbulensi yang diperlukan paraglider untuk mendapatkan ketinggian. Lokasi ini juga punya cuaca panas yang akan memicu gelembung panas bumi yang bagus untuk paralayang.

Saat terbang pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, Anda juga akan mendapatkan bonus berupa panorama alam yang indah dari hamparan lembah Palu dan pegunungan Gawalise.

2. Puncak Lawang

Puncak Lawang (minangtourism)

Puncak Lawang di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat adalah destinasi yang sempurna untuk uji adrenalin dengan paralayang. Kawasan ini terkenal di dalam dan luar negeri, serta pernah menjadi tempat diadakannya kejuaraan Agam World Cup Paragliding 2013.

Ada tiga lokasi Paralayang di sana yang bisa Anda gunakan untuk uji keberanian, yaitu Puncak Lawang, Lawang Park, dan di jalan antara Puncak Lawang dan Lawang Park. Di Puncak Lawang, Anda dapat main paralayang hingga ketinggian 1.210 meter di atas permukaan laut. Dari atas, Sahabat Merahputih juga dapat menikmati keindahan Danau Maninjau.

3. Bukit Timbis

Bukit Timbis (pinterest)

Terletak di Desa Kutuh, Kuta, Bali, Bukit Timbis merupakan destinasi paralayang yang wajib dikunjungi. Timbis makin dikenal wisatawan sejak Asian Beach Games digelar di sana dan paralayang menjadi salah satu olahraga yang dilombakan. Tempat ini memiliki aliran angin yang bagus untuk terbang dan mendarat.

Kontur tebing di sana ideal untuk mengembangkan payung. Selain itu terdapat pula pantai yang dapat digunakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Puncak

Puncak (tempatwisatadibogor.net)

Paralayang di Kawasan Puncak telah hadir lebih dari 20 tahun lalu. Di tempat ini, Anda bisa terbang hingga ketinggian sekitar 1.900 mdpl.

Sahabat Merahputih tidak hanya dapat uji keberanian di sana, tapi juga dapat menikmati panorama yang indah. Anda menyaksikan keindahan perkebunan teh selama 10-15 menit selama terbang.

5. Parangtritis

Parangtritis (agengsworld.blogspot)

Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Bila suka tantangan, Anda juga bisa mencoba main paralayang di Bukit Paralayang yang berada di daerah Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Sesuai namanya, Paralayang, bukit ini sering digunakan sebagai tempat olahraga paralayang oleh komunitas paralayang di Yogyakarta. Saat paralayang di sana, Anda bisa menikmati keindahan alam dari Bukit Gupit Giricahyo.

Baca juga artikel Nikmati Keindahan Puncak Paralayang Parangtritis.

#Paralayang #Puncak Paralayang Parangtritis
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan