Billy Ramandey Atlet Berkuda Pertama Asal Papua

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 13 November 2016
Billy Ramandey Atlet Berkuda Pertama Asal Papua
Billy Ramandey, putra Papua pertama yang menggeluti olahraga berkuda. (Foto Ist)

MerahPutih Olahraga - Sosok Billy Ramandey menarik perhatian para peserta lain di Kejuaraan Cinta Indonesia Open (CIO) 2016. Billy merupakan putra Papua pertama yang menjadi rider dalam olahraga berkuda (equestrian).

Siswa kelas 11 SMA Adria Pratama Mulya itu mengaku sejak kecil ingin menjadi atlet equestrian. Billy yang bergabung dengan Adria Pratama Mulya (APM) Team sejak 2014 lalu ingin mewakili Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 nanti.

"Saya ingin sekali menjadi atlet pertama dari Papua yang mampu membawa nama Papua jauh lebih baik lagi di PON 2020 nanti," ujar Billy di Tigaraksa, Banten, Minggu (13/11). Selain Billy, ada enam rider asal Papua, terdiri dari empat laki-laki dan dua perempuan. "Saya kebetulan angkatan pertama dari Papua," imbuhnya. 

President of Event CIO 2017, Triwatty Marciano membenarkan ketujuh aglet berkuda asal Papua itu disponsori disponsori pemerintah provinsi Papua dan PT Freeport Indonesia untuk menempuh pendidikan di SMA APM yang merupakan sekolah berasrama pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memasukan  intrakurikuler berkuda ke dalam kurikulum nasional.

"Mereka berharap di PON 2020 nanti Papua selaku tuan rumah bisa memakai atlet asli orang Papua," ujar Triwatty.

Triwatty berharap dengan memiliki atlet putra daerah, setiap provinsi tidak perlu meminjam atlet daerah lain untuk mewakili daerahnya di PON. Langkah yang diambil oleh Pemprov Papua ini sangat diapresiasi sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan atlet-atlet muda daerahnya. (Luh)

BACA JUGA:

  1. APM Kembali Gelar Kejuaraan Berkuda "Cinta Indoneaia Open"
  2. Trek Licin, Sejumlah Rider MTB XC Open Championship 2016 Berguguran
  3. Puluhan Atlet Sepeda Ramaikan MTB XC Open Championship 2016
  4. Taufik Ingin Jembatani Kemenpora dengan Insan Olahraga
  5. PGN Livoli 2016 Diselenggarakan di Ungaran dan Blora
#Olahraga Berkuda #Cinta Indonesia Open 2016
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan