Begini Alur Film yang Bakal Dimainkan Jackie Chan dan Jet Li di Makasar

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Minggu, 12 Maret 2017
Begini Alur Film yang Bakal Dimainkan Jackie Chan dan Jet Li di Makasar
Jackie Chan. (Youtube)

Film 'Pamanca The Movie' yang bakal dimainkan bintang laga Jackie Chan dan Jet Li ini mengangkat sejarah kearifan lokal Sulawesi Selatan. Menurut Penulis skenario film tersebut, Barnadi Zakaria, alur cerita film ini digarap oleh Rapindo Galesong Film yang bermarkas di Makassar.

Film ini yang menceritakan kisah pada tahun 1800-an di wilayah sekitar Sulawesi Selatan ini, diawali dengan cerita lahirnya pemeran utama, yang kelak menjadi seorang jago pamanca atau silat khas Makassar-Bugis.

Pemaran utama ini lahir dari keluarga tobarani atau orang-orang pemberani, yang pada jaman penjajahan Belanda dan masa perang kerajaan di Sulsel selalu digunakan atau dilibatkan dalam pertempuran baik antar kerajaan atau melawan penjajah.

"Kita awali dengan membangun tokoh utama di sebuah kampung terpencil dekat dengan Kerajaan Gowa, yang kita sebut Galesong, (yang berada) di pesisir Galesong," ujar Barnadi Zakaria, seperti dilansir Antara, Minggu (12/3).

Lalu tokoh utama dalam film ini ditinggal pergi oleh ibunya. Sementara ayahnya ikut dalam panggilan tobarani untuk membantu perang di salah satu wilayah nusantara ini.

"Pemaran utama kemudian dibesarkan oleh pamannya, dia juga keluarga tobarani dan dia dibesarkan oleh dua orang sepupu, laki-laki dan perempuan. saya tidak perlu sebut namanya," beber Barnadi.

Dalam alur cerita film ini, nantinya, tokoh utama akan ketemu dengan para jagoan lainnya di sebuah perjamuan atau pesta adat di sebuah kampung. Di acara itu ada arena pertarungan, yang menurut Barnadi, arena itu disebut abbatte' atau adu tarung antara para pamanca.

"Kalo dalam manca itu ada namanya manca parade, ketika masyarakat kita mengadakan perjamuan, pesta maka berdatangan orang untuk mengadu mancanya," jelasnya.

Nah, di acara parade manca itu tokoh utama bertemu dengan pedagang Tionghoa bernama Xixiu. Tokoh Xixiu ini kemungkinan diisi oleh tokoh yang berada di China. Karena dia juga pedangan China. Dari pertemuan itu, Xixiu tertarik terhadap gerakan pamanca khas Sulsel yang dimiliki oleh tokoh utama itu.

"Maka diajaklah tokoh utama turut serta sambil diajari ilmu dagang dan ilmu akuntansi. dan seterusnya. Tokoh pedangan asal Tionghoa inilah kemungkinan akan diisi Jackie Chan atau Jet Li, " tandasnya.

Menurutnya, yang pasti bahwa tokoh Tionghoa yang disiapkan ada beberapa orang, bukan hanya karakter si Xixiu. "Kita juga punya seorang gadis cantik bernama Wanmei dalam tokoh ini. Menurut produser, Wanmei akan diisi artis cantik bergrade A," ucapnya.

Barnadi juga berani beradu ide terhadap skenario yang disusunnya. Keberaniannya beradu itu, karena menurutnya dirinya mengkombinasi empat referensi dalam film ini. Pertama film romantis, film sejarah, film laga, dan film fantasi.

"Kita mengkombinasi empat referensi film. Fantasi seperti Lord of the Ring. Makanya film kami ini tidak viewer film historis untuk menghindari perdebatan historis dan opini liar. Kami menyebut film kolosal, fiksi fantasi tahun 1800. " paparnya.

Dalam film ini juga, nantinya akan banyak menggunakan bahasa dan kata Makassar. Untuk pemain yang belum menguasai bahasa Makasar dengan baik, akan di karantina untuk belajar.

#Film Indonesia Terbaru #Aktor Laga Jet Li #Jackie Chan
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan