5 Wisata Air yang Bikin Anda Makin Cinta Indonesia

Zahrina IdzniZahrina Idzni - Rabu, 22 Maret 2017
5 Wisata Air yang Bikin Anda Makin Cinta Indonesia
Raja Ampat (Instagram @titis_cenka)

Hari ini, Rabu (22/3), menjadi peringatan Hari Air Sedunia. Hari Air Sedunia atau "World Day for Water" merupakan suatu peringatan yang ditunjukan sebagai usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih bagi kehidupan manusia.

Ngomong-ngomong soal air, mungkin Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal akan objek wisata airnya yang indah dan mempesona. Obyek-obyek wisata air seperti pantai atau danau di Indonesia ini tersebar di hampir setiap daerah di Indonesia.

Untuk Sahabat Merahputih yang belum banyak tahu tentang obyek-obyek wisata air yang indah di beberapa daerah di Indonesia, merahputih.com merangkumnya sebagai bahan referensi jika Anda ingin berlibur bersama keluarga atau sahabat dekat.

Nah, berikut ini beberapa wisata air asli Indonesia yang bikin Anda makin cinta Indonesia. Apa saja, ya? Yuk simak:

1. Raja Ampat

Instagram @titis_cenka

Siapa yang tidak ingin datang ke Raja Ampat? Mungkin jawabannya hampir semua masyarakat Indonesia bermimpi untuk datang ke tempat wisata yang mempesona ini. Raja Ampat menjadi salah satu objek wisata air yang berada di timur Indonesia, tepatnya di Papua.

Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Air laut pada Raja Ampat ini memang terlihat seperti berlian yang bersinar dan memiliki surga bawah laut yang sangat menakjubkan. Maka dari itu, tidak salah kalau memang banyak orang yang ingin datang ke sini.

2. Danau Kelimutu

Instagram @jelajah.nusantara.official
Instagram @jelajah.nusantara.official

Terlihat dari gambar saja sudah tahu bahwa Danau Kelimutu menjadi salah satu objek wisata air yang memukau. Danau yang biasa disebut dengan Danau Tiga Warna ini berada di puncak Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Dijuluki sebagai danau tiga warna lantaran air pada danau ini memiliki tiga warna yaitu biru, hijau serta putih. Namun warna itu terkadang berubah-ubah, seiring berjalannya waktu. Bagi Sahabat Merahputih yang ingin datang ke sini, cukup menaiki anak tangga sampai hingga ke puncaknya.

3. Kepulauan Derawan

Instagram @ratlossein
Instagram @ratlossein

Indonesia memang dikenal memiliki banyak pulau yang indah, yang salah satunya adalah Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Provisni Kalimantan Timur Pulau Derawan dikenal menjadi salah satu objek wisata air yang memiliki keindahan taman bawah laut.

Tak hanya itu, lokasi wisata ini juga belum terlalu ramai layaknya di Bali. Di Kepulauan Derawan ini juga terdapat penangkaran penyu. Wisatawan yang datang ke sini bisa secara langsung melihat proses penyu bertelur.

4. Pink Beach, Pulau Komodo

Instagram @imam_wibowo
Instagram @imam_wibowo

Pulau Lombok terkenal sebagai salah satu objek wisata air yang berwarna pink, salah satunya adalah Pantai Tangsi. Namun, selain di Pantai Tangsi, kekayaan ragam wisata pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink adalah Pulau Komodo, yaitu Pink Bech. Pantai ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Flores.

Berbeda dengan Pantai Tangsi di Lombok yang dikelilingi dengan perbukitan penuh pepohonan rindang, Pink Beach di Pulau Komodo memiliki bukit yang gersang dengan sedikit pepohonan. Apakah Sahabat Merahputih tertarik untuk datang?

5. Green Canyon

Instagram @itsmelahaswad
Instagram @itsmelahaswad

Cukang Taneuh atau yang lebih populer dengan nama Green Canyon juga menjadi salah satu objek wisata air favorit yang berada di Jawa Barat, tepatnya di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Pangandaran.

Green Canyon ini terbentuk karena erosi tanah yang mengakibatkan aliran sungai Cijulang. Proses alam yang berlangsung jutaan tahun ini membentuk gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona. Kawasan ini diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbun pepohonan yang menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. Bagi Sahabat Merahputih yang ingin berkunjung ke sini, Anda harus menyewa sebuah perahu kayu dari dermaga Ciseureuh terlebih dahulu.

Bagaimana Sahabat Merahputih; makin cinta sama Indonesia kan? Memang indah sekali kekayaan alam yang ada di negara tercinta ini. Apakah di antara Anda sudah ada yang pernah berkunjung beberapa wisata air tersebut? Yuk bisa tulis di kolom pengalaman Sahabat Merahputih.

Selanjutnya bisa baca artikel lain yang masih berkaitan dengan air, berikut: Selamat Hari Air Sedunia

#Wisata Air #Wisata Pantai #Hari Air Dunia 2015
Bagikan
Ditulis Oleh

Zahrina Idzni

Gaul, supel dan berkibarlah bendera negeri, Merah Putih Jaya
Bagikan